Jumat, 21 November 2014

Pemkab Barru Launching Pasar Tani

Pengguntingan Pita peresmian Pasar Tani
oleh Bupati Barru Andi Idris Syukur MS,
dihalaman Rumah Jabatan Bupati Barru
Barru, Metropol - Musyawarah Tudang Sipulung yang dirangkaikan dengan Pasar Tani yang digelar di halaman parkir Rumah Jabatan Bupati secara resmi dibuka, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Barru Barru Ir. H. Andi Idris Syukur, MS. Launching Pasar Tani merupakan rangkaian acara Tudang Sipulung Petani dengan Pemerintah Kabupaten Barru Musim Tanam 2014/2015 dan Musim Tanam 2015/2016 Tingkat Kabupaten Barru, yang dilaksanakan di Baruga Singkeru AdaE Rumah Jabatan Bupati Barru belum lama ini. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Barru,  Hj. Andi Nurhudajah Aksa, Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Ahmad Nur, MP, dari BMKG, Abdul, SP. MP, Pupuk Kaltim Saharuddin Dahlan, Petrokomia Gresik, Subagyo, PT Sang Hyang Seri Parida Faisal, SP, MP, para kepala SKPD,
Camat, Kepala Desa/Lurah, Penyuluh Pertanian, Ketua KTNA Kabupaten Barru, A. Subur serta para tokoh tani se-Kabupaten Barru.

Bupati Barru dalam sambutannya mengatakan, “apa yang kita laksanakan pada hari ini pada hakekatnya adalah mempertemukan hasil analisis ilmiah tentang prakiraan kondisi iklim, terutama pola hujan dan prakiraan tentang kondisi Serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dengan kearifan lokal “Pallontara” dan pengalaman petani. Sehingga diharapkan hasil musyawarah tudung sipulung ini dapat menghasilkan hasil analisis ilmiah yang disinergikan dengan analisis prakiraan kearifan lokal Pallontara dan pengalaman para petani, dengan demikian hasilnya dapat diterima dengan baik oleh petani sebagai pelaksana dilapangan. “ 

Kondisi pertanian di Kabupaten Barru khususnya Sub sektor tanaman pangan mengalami kemajuan yang berarti, ditandai dengan semakin meningkatnya produksi padi dari tahun ketahun. Produksi padi tahun 2013 mencapai 109.056,85 Ton Gabah Kering Giling, sedangkan tahun 2012 sebesar 100.402,40 Ton Gabah Kering Giling atau mengalami peningkatan sebesar 8,62 %.  

Terkait dengan Launching Pasar Tani, hal ini dimaksudkan untuk memperpendek mata rantai pemasaran produksi hasil pertanian, sehingga nilai produk pertanian yang dihasilkan petani menjadi lebih tinggi. Melalui pasar tani ini, para petani dan konsumen bisa sama-sama mendapatkan keuntungan. Petani bisa menjual dengan harga yang lebih baik, sedangkan konsumen bisa mendapatkan harga yang lebih murah.
(Mahmud Rahim/Ahkam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar