Jumat, 21 November 2014

Kabupaten Bogor Mengutamakan Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan

Kepala Dinas : H. Azzhahir, SH, MM
Metropol, Bogor - Visi dan Misi Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Sesuai dengan Visi Kabupaten Bogor yang tercantum di dalam Rancangan RPJMD Kabupaten Bogor tahun 2013-2018 adalah  ”Menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia”.

Dalam rangka mendukung Visi Kabupaten Bogor dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta masukan-masukan dari stakeholders, maka Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Bogor menetapkan Visi “Terwujudnya Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor Termaju Dalam Pelayanan untuk Meningkatkan Daya Saing Dengan Mengutamakan Kualitas dan Kuantitas”.

“Visi ini dimaksudkan mewujudkan pengembangan dan penumbuhan usaha dibidang Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan yang berdaya saing, terutama melalui peningkatan kualitas sumber daya manusianya sehingga Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor menjadi terunggul di Indonesia,” kata Azzhahir.

Sedangkan misi Dinas ada 7 misi yaitu yang pertama “Meningkatkan Profesionalisme Aparatur yang didukung dengan peningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Kedua “Meningkatkan kelembagaan Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan”. Ketiga “Meningkatkan kualitas SDM pelaku usaha Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan”. Keempat  “Meningkatkan produktivitas usaha Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan”. Kelima “Meningkatkan permodalan usaha Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan”. Keenam “Meningkatkan perdagangan Dalam Dan Luar Negeri”. Dan Ketujuh “Meningkatkan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan perlindungan konsumen”.

Tak hanya itu menurut Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan tersebut Dinas Koperasi juga mempunyai Strategi dalam mencapai tujuan sasaran dari visi misi tersebut, yaitu yang pertama Memberdayakan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Kedua Memberdayakan Industri Kecil dan Menengah. Ketiga Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Perdagangan.

Selanjutnya arah kebijakan pelaksanaan strategi kedua yakni memberdayakan industri kecil dan menengah. Ditetapkan pada tiga hal juga yaitu, pertama, peningkaatan Fasilitas dan dukungan bagi pengutan usaha industri rumah tangga kecil dan menengah. Yang kedua peningkatan kompetensi dan penguatan kewirausahaan, pengembangan kemitraan perekonomian daerah. Ketiga yakni, peningkatan daya saing industri kecil dan menengah serta pemamfaatan sistem dan jaringan distribusi barang untuk pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri.

“Sedangkan arah kebijakan untuk strategi yang ketiga yakni,meningkatan kualitas perdagangan kami juga meprioritaskan pada tiga hal, kata  Azzhahir.

Ketiga arah kebijakan itu, kata Azzhahir, pertama pengembangan jaringan perdagangan yang menjamin lancaranya distribusi barang dan jasa serta persaingan yang sehat  dan perlindungan konsumen. Yang kedua meningkatkan kemudahan pelayanan bagi eksportir, dan yang ketiga pengembangan perdagangan yang mampu mendorong distribusi barang dan jasa, serta pengembagan produk-produk unggulan lokal yang mampu menigkatan kesejahteraan pelaku usaha serta masyarakat.

“Untuk mewujudkan pencapaian kinerja dan arah kebijakan dan strategi itu,pada tahun 2014 ini Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor telah menyiapkan 16 program, 129 kegiatan,” jelas Azzhahir.

Dibidang Usaha Kecil Menengah (UKM) Program dan Kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain : (1) Program Penciptaan Iklim Usaha Kecil Menengah Yang Kondusif kegiatan Fasilitasi Kebijakan UMKM Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 400 UKM hasilnya adalah meningkatnya pemahaman dan aturan tentang kebijkan UMKM,  kegiatan Bintek UMKM jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 50 orang hasilnya adalah meningkatnya pemahaman tentang proses produksi,  kegiatan Pembinaan dan Pengawasan UKM Berprestasi hasilnya adalah bertambahnya UKM berprestasi di Kabupaten Bogor sebanyak 10 UMKM, kegiatan Regestrasi UMKM hasilnya adalah bertambahnya jumlah UMKM yang terdaftar/Terregester sebanyak 500 UMKM, kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kemampuan UMKM dalam penyusunan kelayakan usaha hasilnya adalah  Bertambahnya pengetahuan UMKM dalam penyusunan kelayakan usaha / penyusunan proposal sebanyak 60 UKM. (2) Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif Usaha Kecil Menengah ada 7 kegiatan yang sudah dilaksanakan hasilnya adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan UMKM di Kabupaten Bogor. (3) Program Pengembangan Sistem Pendukung Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah terdapat  terdapat tiga kegiatan diantaranya adalah Penyelenggaraan Promosi Produk Usaha Mikro Kecil Menengah kegiatan ini adalah ajang promosi produk UMKM Kabupaten Bogor di beberapa lokasi Pameran di Indonesia Tahun 2014 Dinas Koperasi UKM Perindag mengikuti pameran di Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Banten, Semarang, Bangka Belitung, Kalimantan Selatan.

Di bidang Koperasi Program dan kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu, Peningkatan Kualitas Kelembagaan Koperasi. Ada 18 kegiatan yang sudah dilaksanakan dengan hasil mengingkatnya pemahaman dan pengetahuan para pengurus koperasi di Kabupaten Bogor. (Metropol Bogor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar