Kamis, 20 November 2014

Kapolres Baubau Tekankan Anggotanya Tingkatkan Operasi Cipkon

Baubau, Metropol - Kapolres Baubau, AKBP Wahyuniawan SIk menegaskan kepada seluruh anggotanya terus meningkatkan operasi Cipta Kondisi (Cipkon) di wilayah hukum Polres  Baubau melalui patroli. Itu dilakukan untuk mengantipasi penyakit masyarakat berupa peredaran miras, perjudian, pencurian, serta tindak pidana lainnya. Selain itu Eko juga menegaskan kepada seluruh pejabat Polres Baubau, baik di tingkat Polres maupun Polsek agar mendata kembali kasus-kasus tindak pidana yang masih dalam  penyidikan atau belum terungkap. Dan selaku koordinasi dengan instansi terkait baik Lurah maupun Camat setempat, dimana Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, sangat diharapkan oleh  masyarakat mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Hal itu diungkapkan di Gedung kemitraan Polres Baubau dalam sambutannya diacara serah terima Jabatan Kasat Reskrim, Kasat Intelkam dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Polres Baubau, Selasa (4/11).

Lanjut Eko, pada hari ini secara bersama telah menyaksikan prosesi perubahan  personel Polri yang menduduki jabatan pada tataran pimpinan, perubahan ini tentunya disertai harapan,  personel yang ditunjuk sebagai pejabat yang baru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu ada beberapa hal untuk di pedomani dan dilaksanakan oleh pejabat baru.

Menurutnya, serah terima  jabatan dilingkungan Polri merupakan proses yang sudah terencana dengan tujuan untuk menjamin dinamika manajemen organisasi dan sekaligus dalam rangka promosi bagi pejabat yang  bersangkutan guna meniti karir dilingkungan Polri. Hingga dengan demikian diharapkan diperoleh kemantapan, pengalaman jabatan yang beragam dan selanjutnya mampu menyongsong  tantangan tugas dimasa mendatang, dimana trend perkembangan situasi Kamtibmas semakin meningkat.

Polres Baubau yang memiliki wilayah hukum meliputi kota Baubau dan Kabupaten Buton, tentunya memiliki karakteristik kerawanan daerah yang berbeda, namun secara umum situasi Kamtibmas masih kondusif walaupun masih adanya kasus – kasus tindak pidana yang perlu menjadi perhatian bersama.

"Untuk itu melalui kesempatan ini kepada kasat Intelkam, Kasat Reskrim dan Kapolsek Kawasan Baubau yang baru, kepercayaan yang saudara diterima adalah bukti, bahwa pimpinan memberikan kepercayaan mandat tugas serta tanggung jawab yang harus dijalankan dengan baik, dengan harapan mampu memberikan perubahan yang konstruktif serta dapat memberikan efek positif bagi kinerja," terang Eko.

Tantangan tugas yang dihadapi Polri  semakin berat, globalisasi dan demokratisasi yang bergulir telah mendorong masyarakat untuk  bersikap lebih kritis terhadap upaya penegakan hukum dan HAM, disisi lain modus operandi kejahatan juga semakin beragam. untuk itu lanjut Eko, kedekatan personel Polri dengan masyarakat yang selama ini telah terjalin dengan baik harus ditingkatkan agar masyarakat secara cepat mengidentifikasikan masalah-masalah yang berkembang dilingkungannya sekaligus mengatasinya.

"Harapan masyarakat, agar polri benar-benar transparan, bersahabat dan bersikap mendidik serta senantiasa berada ditenga-tengah masyarakat, menjadi figur pengayom, pelindung dan pelayan diseluruh kalangan masyarakat, mencerminkan sikap santun, disiplin, menjalankan tugasnya sesuai aturan hukum dan perundang-undangan yang ada,"terang pria dua melati dipundaknya itu.

Serah terima jabatan tersebut, yakni Kasat Intelkam  dari AKP Syakhrir.S kepada
Iptu Arlianto Adhy Prabowo,SE, Kasat Reskrim dari AKP I Gusti Gede Raka Mertayasa, SIk kepada AKP Sendi Antoni, S.Ik  dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Baubau dari AKP Derry Indra, SIk kepada AKP I Gusti Gede Raka Mertayasa, S.Ik, sebagai tindak lanjut keputusan Kapolda Sultra  nomor:  Kep / 647  / X / 2014 tanggal 20 oktober 2014 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan perwira dilingkungan Polda Sultra. (Adnan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar