Jumat, 21 November 2014

Inovasi pelayanan Satpas SIM Ditlantas Polda Metro Jaya

Jakarta, Metropol - Satuan Pelaksana Administrasi SIM (Satpas SIM) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang berlokasi di Jalan Daat Mogot Km 11 Cengkareng Jakarta Barat, terus berupaya melakukan inovasi dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat, agar masyarakat yang menjadi pelanggan benar-benar merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Selain itu, tingginya animo masyarakat untuk membuat SIM menuntut Satpas SIM perlu melaku terobosan sehingga pelayanan yang diberikan benar-benar dapat diakses dan dijangkau dengan mudah oleh masyarakat. 

Salah satu bentuk pelayanan yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat adalah peluncuran mobil SIM keliling yang kehadirannya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Terutama bagi yang ingin memperpanjang SIM, tidak perlu datang ke Satpas SIM, tapi cukup mendatangi mobil SIM keliling yang mendatangi wilayahnya. Selain untuk mempermudah dijangkau masyarakat, mobil SIM  keliling tersebut juga bertujuan untuk mengurangi adanya peraktek-peraktek percaloan yang dapat merugikan masyarakat, karena dengan tersedianya mobil SIM keliling tersebut mereka dapat berhubungan langsung dengan petugas untuk melakukan registrasi perpanjangan SIM dengan mudah. Selain itu, Satpas SIM juga mendirikan gerai-gerai pelayanan yang tersebar diberbagai wilayah di jakarta seperti di Mal Artha Gading Kelapa Gading Jakarta Utara, Taman Palem Jakarta Barat, Pusat perbelanjaan PGC Cililitan Jakarta Timur dan Blok M Square Jakarta Selatan. Gerai-gerai tersebut banyak dikunjungi masyarakat terutama yang tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi gerai tersebut.

Selain itu, Satpas SIM juga melakukan terobosan guna menghindari kemungkinan terjadinya pungutan liar (pungli) dengan bekerjasama pihak Bank BRI terutama untuk melayani pembelian formulir sebagai syarat  untuk pembuatan SIM bagi yang datang langsung ke Satpas SIM Daan Mogot Jakarta Barat. Dan bagi masayarakat yang merasa dirugikan oleh ulah para calo yang berkeliaran di Satpas SIM, atau jika pelayanan yang diberikan oleh petugas dirasakan kurang maksimal, dapat mengajukan komplain diloket pengaduan yang tersedia di kantor Satpas SIM. Pengaduan tersebut akan ditindak lanjuti guna perbaikan pelayanan dimasa mendatang. (Dirman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar