Jumat, 21 November 2014

Kapolres Enrekang Giat Kemanusiaan

Enrekang, Metropol - Setahun setelah menjabat sebagai Kapolres Enrekang, AKBP.Ika Waskita,SH.MH. melakukan terobosan baru bagaimana cara mendekatkan Polisi dengan masyarakat. Terobosan ini kemudian dikenal dengan nama Enrekang Police Care, yang focus pada kegiatan kemanusiaan yang menyasar kepada masyarakat miskin yang selama ini tidak terdeteksi dan tidak pernah tersentuh bantuan pemerintah setempat. 

Kegiatan sosial yang sangat dirindukan oleh masyarakat ini awalnya diragukan oleh semua pihak, mungkinkah Kapolres bisa melakukan giat kemanusiaan yang diluar tugas dan fungsinya sebagai seorang Polisi bisa berlanjut dan berkesinambungan? Darimana Kapolres mendapatkan dana untuk itu? Dan semua tantangan dan pertanyaan itu dijawabnya dengan melaksanakan kegiatan nyata, dimata masyarakat terbilang sangat luar biasa masyarakat. 

Kapolres melakukan giat sosial dengan niat yang tulus, mendekatkan diri kepada masyarakat seluruh lapisan dan strata dengan cara terjun langsung mengabdikan diri bersama jajarannya. Kegiatan kemanusiaan yang mulai dilakukan pada bulan Mei 2013 ini ditekuni secara rutin setiap bulan disemua Kecamatan yang ada di Kabupaten Enrekang sampai dikaki Gunung Latimojong. 

Cara pendekatannyapun bervariasi, mulai dari bedah rumah, membangun kios, pemberian hewan ternak, sembako, membantu pengobatan masyarakat miskin perbaikan sarana pendidikan SD dan SMP, rumah ibadah sampai terjun langsung menanam padi di sawah masyarakat. 

Keseluruhan giat kemanusiaan ini pendanaannya ditopang murni oleh para anggotanya dengan cara menyumbang secara sukarela 2,5 % dari gaji mereka. Satu-satunya Kapoles di Indonesia yang memiliki ide melakukan pendekatan dengan cara memberi perhatian khusus untuk masyarakat yang tidak mampu, giat kemanusiaan ini kemudian dijadikan Sembilan program unggulan Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat. Bahkan Metro TV pernah menayangkan secara khusus kegiatan kemanusiaan Bapak Ika Waskita ini selama 30 menit, dan diundang langsung untuk wawancara khusus tentang kegiatan kemanusiaan ini oleh Fajar TV.

Dari kegiatan inilah Kapolres kemudian tidak pernah luput dari sorotan media. Kemanapu  Kapolres melakukan giat kemanusiaan ini media cetak dan elektonik yang bertugas di Enrekang selalu mengikutinya, masyarakat bahkan pernah meminta melalui media agar Kapolres Enrekang AKBP. Ika Waskita, SH.MH tidak dipindahkan dalam waktu dekat sebab mereka masih membutuhkan bantuan serupa yang disalurkan oleh beliau, namun jika beliau dipindahkan karena jabatan dan prestasi kami setuju sebab beliau adalah sosok pemimpin yang ideal.

Giat Police Care inilah yang membuat masyarakat mengagumi keberadaan Polisi yang peduli kepada masyarakat yang tidak mampu. Oleh karena itu masyarakat Kabupaten Enrekang merekomendasiakan Kapolres Enrekang AKBP.Ika Waskita, SH, MH. beberapa tokoh masyakat menemui News Metropol  menyampaikan bahwa “Kapolres Enrekang AKBP Ika Waskita, SH.MH layak diacung jempol sebab baru kali ini masa kepemimpinannya ada kepedulian Polisi kemasyarakat, untuk kepeduliannya melalui News Metropol agar diusulkan Kapolres Enrekang untuk masuk menjadi Nominator Kompolnas Award 2014” tutupnya. (Sry/Syah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar