Sabtu, 06 Desember 2014

SDA Desa Betao Butuh Perhatian Pemerintah

Kades Betao Riase, Pakkana
Sidrap, Metropol - Potensi Sumber Daya Alam di Desa Betao Kec Pituriase Kabupaten Sidrap, teryata bukan hanya hasil perkebunan seperti coklat, durian, langsat dan jagung.

Belakangan ini di temukannya potensi batu mulia, berupa bongkahan batu yang memiliki beragam corak dan warna yang banyak digemari pecinta batu permata cincin. Menurut Suardi Laupe, mantan Ketua IPMI Sidrap, yang juga putra Betao, bongkahan batu ditemukan di Sungai Batu Langngo, Karebosi dan Gunung Menggogo. 

Kepala Desa Betao Riase Kecamatan Pituriawa, Pakkanna yang ditemui, Selasa (18/11), saat ini mengakui, “selama musim kemarau dan tiga bulan terakhir ini banyak orang asing atau luar desa ini datang dan langsung ke gunung atau menyusuri sungai. Karena itu Pakkanna berharap orang luar yang datang hanya sekedar melapor ke kantor desa atau kepala kampung. Pasalnya,” kata Pakkanna.

“Didesanya masih banyak hutan lebat, dikhawatirkan kalau mereka nyasar atau kelelahan yang bisa berakibat patal,” ujar  pengusaha rotan ini. 

Untuk itu sejumlah mantan aktivis IPMI Sidrap, seperti Hasbir, Setiadi, Suardi Laupe dan Aris Asnawi, Selasa (18/11) melakukan penelusuran di sejumlah lokasi batu berkualitas tinggi ini. Menurut hasbir Jabir, beberapa bongkahan batu yang ditemukan memilki corak beragam, ada warnah merah, putih bersih, panca warna, ada juga corak hijau. Di beberapa aliran sungai ditemukan bekas pecahan batu yang diduga pecahan yang ditinggal pencari kerja. 

Aris Asnawi mengakui bongkahan batu yang ditemukan bagus untuk permata. Aris Asnawi berharap potensi desa ini dikelola masyarakat untuk bahan jadi. “Pemerintah daerah memfasilitasi dengan pelatihan dan alat pembuatan permata dan aneka kerajinan batu mulia. Jika ini dilakukan dapat menjadi sumber pendapat baru lagi masyarakat dan daerah,'' ujar Aris Asnawi. 

Yang pasti pesona sungai batu Langngo dan gunung Menggogoh Betau Riase banyak dilirik peminat batu mulia, khususnya permata cincin. (Umar Lau/Nrd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar