Sabtu, 06 Desember 2014

Basarnas Bentuk Korwil di Lebak Selatan

Lebak, Metropol - Bertempat di kampus diklat IPB  Basarnas melantik 80 anggota baru oleh pelaksana diklat SAR  Jawa Barat, untuk wilayah Jabodetabek dan Banten Selatan, setelah memalui proses pelatihan  baik secara teori maupun praktek lapangan, yang dipusatkan di pantai Patuguran Palabuhan Ratu. 

Beberapa materi latihan diantaranya Pedoman keselamatan dan pengantar pertolongan di air. Pencegahan kedaruratan di air. Menghadapai kedaruratan di air. Kemampuan Penyelamatan di air. Mengendalikan perahu karet dan motor temple. Personal hotasion device atau cara penggunaan pelampung, dan materi materi lainnya. Dan kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari.

Solikhin yang menangani Teknik Respons and Release secara singkat mengungkapan, “setelah mendapat diklat ini di harapkan anggota Basarnas dapat menerapkan dan menindak lanjuti tugas Basarnas di mana kita berada cepat dan tanggap serta selalu koodinasi dengan lembaga lainnya,” kata Solikhin.

Sementara itu Koordinator Basarnas Lebak selatan Jumali F. Askar di Posko Basarnas Bayah yang berlokasi di markas Koramil Bayah mengatakan, “anggota Basarnas di Lebak Selatan yang baru dilantik jumlahnya hanya 9 orang, bila dilihat dari sisi luas wilayah darat maupun laut jumlahnya terlalu sedikit. Akan tetapi diharapkan kedepan para pemuda yang mau bergabung tentu saja dengan senang hati, kami akan menerimanya. Kemudian Akibat sering terjadinya laka laut di pentai Sawarna kami berharap semua peralatan  yang berkaitan degan penyelamatan di air. Basarnas Pusat segera mengirimkannya kepada kami,” kata Jumali F. Askar.

Lebak Selatan disamping memiliki laut yang luas juga daerah pegunungan yang rawan longsor dimusim hujan serta rawan kebakaran apabila musim kemarau. Maka diharapkan kepada masyarakat hendaknya segera melapor apabila ada kejadian musibah di daerahnya. “Kami siap membantu,” lanjut Jumali yang juga dikanal dengan sebutan Kang Dewa ini.  (Dicky Abiasa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar