Sabtu, 06 Desember 2014

Antisipasi Banjir KLH Kota Batu Tanam 5000 Pohon Bambu

Kepala KLH Kota Batu, Muchlis
Batu, Metropol - Melanjutkan program penanaman bambu tahun 2011, pasca terjadinya banjir pada tahun 2004 yang mengakibatkan erosi terus menerus di bibir sungai DAS Brantas. Kini KLH kota Batu kembali akan menanam 5000 pohon Bambu di Pinggiran Das Brantas, di wilayah Sumber Brantas Kota Batu.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Muchlis mengatakan, “pelaksanaanya akan kami lakukan bersama masyarakat yang telah memiliki kesadaran tentang manfaat bambu, mereka yang memiliki lahan, sementara kami dari Kantor Lingkungan Hidup sebagai pelaksana Konservasi.
Dengan demikian penanaman bambu masih secara bertahap. Kenapa demikian? Kami menunggu kesiapan mereka, sebab telah beberapa kali dilakukan konservasi, ketika bambu besar dipindah dengan alasan menutup tanaman lainnya.

Saat ini sudah ada 3 Desa yang ditanami Bambu, yaitu Gunungsari, Pandanrejo dan Sisir, selanjutnya dalam bulan Desember 2014 KLH akan melakukan Konservasi di daerah Sumber Brantas yang memiliki sumber Mata air di DAS Brantas.

“Dengan ditanam Bambu yang memiliki akar rimpang yang sangat kuat sehingga mengikat tanah dan air dengan baik serta dapat menyerap air hujan dan menyimpannya untuk cadangan kebutuhan air maka kami yakin hal itu sangat bermanfaat untuk mengantisipasi banjir, menanggulangi longsor dan juga meningkatkan kuantitas air dan kualitas air.

Apalagi Bambu merupakan tanaman yang dapat tumbuh dalam waktu singkat dibandingkan dengan tanaman kayu-kayuan. Dalam sehari bambu dapat bertambah panjang 30-90 cm. Rata-rata pertumbuhan bambu untuk mencapai usia dewasa dibutuhkan waktu 3-6 tahun. Tentunya penanaman bambu untuk konservasi alam akan lebih efektif dan cepat, mengingat dampak kerusakkan lingkungan yang meresahkan masyarakat. 

“Bambu mudah menyesuaikan diri dengan kondisi tanah dan cuaca yang ada, serta dapat tumbuh pada ketinggian sampai dengan 3.800 m di atas permukaan laut. Maka bambu dapat ditanam di daerah yang kondisinya buruk, kemudian tanaman itu dapat membantu menjaga kelestarian daerah tersebut,” papar Muchlis. (Yud/Rin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar