Minggu, 09 November 2014

Pembukaan Lomba Keagamaan KKG PAI Kecamatan Balusu Dihadiri Bupati Barru

Barru, Metropol - Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Balusu, menggelar acara Pembukaan Lomba Keagamaan antar Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Balusu, Rabu 22 Oktober 2014, yang dirangkaikan dengan Karnaval atau Pawai Islami.

Lomba Keagamaan yang bertemakan “menciptakan siswa siswi yang dinamis berakhlak mulia menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan menjaga moral bangsa” ini dilaksanakan untuk memperingati Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1436 Hijriah yang diselenggarakan di gedung Sekolah Dasar Inpres Lapao Kecamatan Balusu selama empat hari mulai hari Rabu 22 Oktober 2014 sampai 25 Oktober 2014. 

Peserta yang akan mengikuti lomba tersebut adalah siswa siswi dari 22 Sekolah Dasar dan 2 dari Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Balusu dengan kategori perlombaan, yaitu lomba MTQ, Lomba Azan, Pildacil, lomba Qasidah dan akan ditutup dengan Karnaval atau Pawai Islami.

Acara pembukaan lomba ini dibuka oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Barru DR. Ir. Andi Abustam, M.Si dan  dihadiri oleh Bupati Barru, Ir. H. Andi Idris Syukur MS, Anggota DPRD Barru Andi Darwana, Kasi Pendais Diknas Barru, Kepala UPTD Kecamatan Balusu, Kepala KUA Kecamatan Balusu, Kapolsek Balusu, Pengawas wilayah I dan II Kecamatan Balusu, Pengawas Pendais Kementerian Agama Kabupaten Barru, Para Kepala Sekolah dan Guru PAI se-Kecamatan Balusu serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Balusu.

Ketua panitia lomba, Abdul Rauf menuturkan, bahwa kegiatan lomba ini adalah kegiatan untuk memperingati Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1436 Hijriah yang bertepatan dengan Hari Sabtu 25 Oktober 2014 Masehi dan bertujuan untuk lebih memasyarakatkan budaya Islami, utamanya bagi siswa dan siswi sekolah dasar.

“Acara ini terselenggara berkat inisiatif rekan-rekan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) serta dukungan dari para Kepala Sekolah se-Kecamatan Balusu, serta partisipasi para donatur pemerhati pendidikan khususnya pendidikan agama Islam,” katanya.

Dalam sambutannya, Kepala UPTD Diknas Kecamatan Balusu H. M. Khudri Buhaseng M.Si sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, kegiatan ini perlu dilakukan dalam upaya membangun karakter yang lebih bagus bagi anak-anak usia sekolah dasar.

“Kegiatan ini adalah awal untuk membangun karakter anak-anak kita, membangun akhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam. Disamping itu, kegiatan ini merupakan salah satu indikator penilaian dalam manajemen berbasis sekolah dan akreditasi sekolah dimana sekolah-sekolah diharuskan melakukan kegiatan peringatan hari-hari besar keagamaan, dan kegiatan seperti inilah yang akan menjadi indikator penilaian MBS dan akreditasi sekolah, Insya Allah kami sebagai perpanjangan tangan Dinas Pendidikan Kabupaten Barru akan terus mendorong kegiatan seperti ini,” ungkapnya.

Kadis Pendidikan Kabupaten Barru, Andi Abustam dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta apresiasi kepada segenap panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena kegiatan seperti ini sepatutnya menjadi budaya bagi umat islam, khususnya yang ada di Kabupaten Barru yang terkenal dengan kota santri.

“Kegiatan ini adalah sebuah momentum untuk mengingatkan kita, bahwa kita umat islam juga memiliki Tahun Baru yang bisa kita peringati dengan berbagai kegiatan Islami dan yang lebih penting adalah, minimal kita sebagai umat islam mengintrospeksi diri, apakah 1436 hijriah ini sebagai awal kebangkitan Islam, Kegiatan ini adalah awal untuk introspeksi diri sebagai umat Islam,” ujarnya.

Bupati Barru Andi Idris Syukur MS yang hadir pada acara pembukaan kegiatan lomba tersebut mengatakan, sangat mengapresiasi dan bangga kepada para guru Agama KKG PAI Kecamatan Balusu yang telah menggagas dan melaksanakan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah Kabupaten Barru saat ini sudah sangat baik khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah. Kabupaten Barru mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sehingga mendapat Dana insentif daerah sebanyak Rp. 20 Milyar pada tahun 2012 yang digunakan untuk pembangunan bidang pendidikan pada perguruan tinggi dan membangun Gedung Islamic Center, dan untuk tahun ini kita mendapatkan Dana Insentif lagi dari Kementrian Keuangan sebanyak Rp. 21 Milyar yang akan kita gunakan untuk perbaikan pendidikan, yaitu pembangunan  Gedung  Pertemuan KKG di masing-masing Kecamatan yang nilainya Rp. 1,5 Milyar untuk 1 gedung KKG,” kata Bupati.

Anggota panitia pelaksana lomba keagamaan Nur Isma, S.Pd.I mengatakan, kegiatan ini terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerja keras seluruh panitia yang tergabung dalam KKG PAI serta dukungan dari para Kepala Sekolah se-Kecamatan Balusu. (Mahmud Rahim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar