Rabu, 05 November 2014

Indomaret Kertosono Nganjuk Jual Makanan Berjamur

Nganjuk,  Metropol - Toko besar  seperti Indomaret  yang sudah tersebar hingga pelosok daerah seharusya bisa menjaga kualitas dan kondisi barang dagangannya. Namun kenyataan dilapangan Indomaret Jl. A. Yani No 64 Kertosono Nganjuk atas nama CV. Dwi Tunggal Pratama menjual  sebuah makanan ringan dalam kondisi rusak,12 Oktober  2014.

Sekilas bungkus plastik warna hijau dengan rasa kacang hijau bertuliskan flaky moon cake dan berlabel Indomaret  tersebut sama dengan kue  lainnya, dengan stempel kadaluarsa tanggal 3 12 2014, namun yang patut dipertanyakan dengan jangka waktu masih 2 bulan lagi kondisi makanan berjenis pia yang diproduksi oleh UD. Mekar Jaya Mulia (KIM SENPIA) Surabaya 60133 dan diperuntukkkan bagi PT. Indomarco Prismatama Jakarta 14430 sudah dalam kondisi berjamur. Lebih aneh lagi tanggal kadaluarsa  terlihat seperti bekas dihapus dan di stempel ulang. Karena sedikit berlepotan tinta.berbeda dengan kue lainnya yang stempel expired nya  kelihatan bersih. 

Saat dikonfirmasi, pembeli kue bernama Budi menyatakan kekecewaannya terhadap Indomaret. "Apa tidak dicek oleh pegawai semua  makanan yang sudah dipajang di rak, harusnya kan ada pengawasan ketat semua makanan yang tersedia disini, kok bisa lalai, kalau  konsumen sakit karena mengkonsumsi makanan tersebut tanggungjawab pihak Indomaret gimana? Apa lepas tangan? Padahal ada Undang-undang perlindungan konsumen. Apalagi reaksi dari makan kue itu perut saya terasa mual dan Kepala terasa pusing," ujarnya.

Informasi Indomaret Lambat

Eko, sales dari UD Mekar jaya Mulia (KIM SENPIA) Surabaya  Kecewa dengan lambatnya Informasi yang disampaikan Indomaret kepada Pihaknya, 22 Oktober 2014.

"Kenapa indomaret menyampaikan kejadian itu  tidak segera setelah kejadian?  padahal  kejadian sudah sekitar satu miggu lebih," kata Eko.

Seharusnya produsen segera di hubungi agar bisa mengkroscek kondisi konsumen, kalau memang sakit akan kami  tindak lanjuti untuk pengobatannya. Mengenai setiap barang yang dipasok ke Indomaret. Kami akui memang sudah tidak bisa balik lagi kepada kami.

Namun saat pengiriman barang  sudah dicek selalu  dalam kondisi  baik. Walaupun terkadang terjadi Human error, karena Flaky Moon Cake jenis pia ini  adalah kue produksi rumah tangga,  kalau pegawai memasukkan kue dalam kondisi panas  akan bisa terjadi hal seperti ini,” ujarnya.

Tapi dari pihak Indomaret  kan ada pengawasan dan pengecekan kondisi   barang dagangan yang dijual oleh karyawannya dengan waktu tertentu. Sebetulnya, untuk menjaga kondisi barang sudah kami lakukan dengan memasang  peringatan Expired dalam jangka waktu 6 bulan sekali, padahal pihak Indomaret sebetulnya minta 1 tahun sekali, kalau kami menuruti tentu lebih banyak kejadian makanan  seperti ini. 

Terpisah, Hutomo penanggungjawab Indomaret Wilayah Kertosono Nganjuk  mengatakan,  Produsen kue   merupakan penanggungjawab dari makanan yang di jual. "Mereka menggunakan nama besar Indomaret untuk bisa memasarkan dagangannya. 

Kepala Toko Indomaret Kertosono mengakui, kelalaian pihak Indomaret  karena adanya makanan berjamur di rak, "biasanya kami mengecek kondisi barang dagangan 1 minggu sekali, entah kenapa karyawan kami bisa lalai," ujarnya. (Yud/Rin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar