Rabu, 05 November 2014

Dinas ESDM Kabupaten Bogor Sosialisasikan Peraturan Pertambangan

Bogor, Metropol - Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bogor melaksanakan rutinitas sosialisasi. Adapun sosialisasi kali ini bertema tentang peraturan pertambangan, yang berguna bagi pelaku usaha pertambangan dan aparatur pemerintah Kabupaten Bogor yang dilaksanakan di Hotel Orri, Citereup, Kabupaten Bogor, Rabu (29/10/14).

Dalam kegiatan tersebut, hadir Kepala Dinas ESDM Kabupaten Bogor Koes Parmanto yang diwakili oleh Kepala Bidang pertambangan Umum ESDM Kabupaten Bogor, jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor serta pelaku usaha pertambangan.

Kepala Bidang Pertambangan Umum ESDM Kabupaten Bogor Sulaeman mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi terhadap para pengusaha pertambangan yang ada di Kabupaten Bogor. 

"Segala bentuk pertambangan harus berdasarkan peraturan yang ada mulai peraturan pertambangan, tata ruang, serta peraturan lingkungan hidup," katanya.

Dalam sosialisasi ini, lanjut dia, sebagai bentuk memberikan pengetahuan kepada para pengusaha dalam melakukan pertambangan. Kabupaten Bogor sendiri memiliki sejumlah mineral pertambangan yang produktif dan prospektif, hingga saat ini ada sekitar 45 perusahaan pemegang izin usaha pertambangan yang beroperasi. "Komoditas tambang unggulan dan sumber daya mineral kabupaten Bogor sendiri yakni andesit, batu kapur, tanah liat, pasir dan kerikil, trass, tanah urug, dan feldspar," terangnya.

Dia pun menjelaskan, adapun tempat pertambangan di wilayah kabupaten Bogor, berada di 15 Kecamatan yang dimungkinkan adanya usaha pertambangan sesuai Perda Kabupaten Bogor Nomor 19 tahun 2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bogor 2005 - 2025.

"Wilayah-wilayah tersebut di antaranya, Kecamatan Tenjo, Parung Panjang, Jasinga, Sukajaya, Cigudeg, Nanggung, Rumpin, Leuwiliang, Leuwisadeng, Citereup, Klapanunggal, Sukamakmur, Jonggol, Cariu, serta Tanjung Sari," ungkapnya.

Seperti yang diketahui sebelumnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor ingin menciptakan Bumi Tegar Beriman menjadi Kabupaten termaju. Hal ini tentunya diperlukan kerja keras khususnya dari Dinas ESDM Kabupaten Bogor. Karena dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bisa dikatakan cukup besar. Salah satunya dari sektor pertambangan. 

Hal itu disampaikan oleh Koes Parmanto, di Kabupaten Bogor beberapa saat sebelum diadakannya sosialisasi peraturan pertambangan tersebut. Lebih lanjut Koes Parmanto menuturkan, terdapat puluhan perusahaan pertambangan yang membawa sisi positif untuk tercapainya Bumi Tegar Beriman menjadi Kabupaten Termaju, "boleh dinilai, dinas ESDM adalah salah satu dinas yang dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar," tuturnya. (Wiry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar