Senin, 20 Oktober 2014

TMMD Ke 93 Atasi Keterisolasian di Konawe Utara

Kendari, Metropol - Sebagai salah satu daerah otonom yang baru saja dimekarkan, Kabupaten Konawe Utara masih membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai. Kondisi  tersebut menginspirasi pimpinan TNI untuk membantu masyarakat di Konut dengan menjadikan wilayah Kabupaten Konawe Utara sebagai sasaran TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 93 di Sultra.

Dalam release yang diterima Metropol,  pelaksanaan TMMD di Konawe Utara difokuskan pada pembukaan jalan, pembuatan deuker dan bakti sosial kesehatan dan KB. Untuk pembuatan jalan dan deuker, akan dibuka  jalanan sepanjang 4 Km dengan lebar 4 meter yang menghubungkan Desa Sari Mukti dan Desa Molore, Kecamatan Langkikima yang selama ini terisolisasi. Sedangkan untuk bakti sosial dan KB akan diikuti 1067 peserta.

Danrem 143/HO Kolonel Arh Andi Sumangeruka selaku Inspektur Upacara pada pembukaan TMMD ke 93 pada hari Kamis, 9 Oktober 2014 yang membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad)  selaku penanggung jawab Operasional TMMD menyatakan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa telah dimulai sejak tahun 1980 dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD).

Program ini berubah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), setelah era reformasi, akibat adanya TAP MPR yang memisahkan Polri dari TNI. Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih dari 34 tahun, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu masih sangat relevan.

Dalam akhir amanatnya, Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan Tema TMMD ke 93 adalah ”Dengan Program TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Optimalkan Pembangunan di Pedesaan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. (Daksan/Kodim 1417 KDI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar