Senin, 06 Oktober 2014

Tangkal Narkoba Pendataan Warga Dimaksimalkan

Kegiatan Pemberdayaan Lingkungan Masyarakat dalam P4GN bersama
Badan Narkotika Nasional (BNN) dan LSM Sahabat ’49
Jakarta, Meropol - Penanggulangan narkoba memerlukan upaya keras dari seluruh elemen. Di lingkungan masyarakat, pendataan warga menjadi langkah penting yang harus dimaksimalkan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di lingkungan tempat tinggal.

Seorang tokoh masyarakat Jati Pulo, Maksum, pada kegiatan Pemberdayaan Lingkungan Masyarakat dalam P4GN bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) dan LSM Sahabat ’49, mengatakan pihak pengurus lingkungannya akan terus mendata siapa saja warga yang ada di daerahnya.

“Nanti pengurus RT dan tokoh masyarakat disini akan melakukan pendataan identitas warga agar diketahui siapa saja yang bertempat tinggal disini serta aktifitasnya,” tukasnya.

Melalui cara itu, sambung Maksum, diharapkan dapat diketahui data resmi warga di lingkungan Kelurahan Jati Pulo dan pekerjaannya. Jika ada kejanggalan ketika dilakukan pendataan warga, maka akan segera diproses guna diketahui kejelasannya.

“Supaya kalau ada pengedar, bandar, dan pemakai narkoba, yang coba-coba masuk wilayah kami dengan berpura-pura mengontrak atau mempunyai rumah disini, dapat segera kami tindak tegas,” imbuhnya.

Selain itu para tokoh masyarakat dan pengurus tingkat RT juga RW akan rutin menggelar pertemuan bersama jajaran kepolisian setempat dan melibatkan warga. Maksum mengungkapkan, pada pertemuan itu nantinya akan dibahas berbagai masalah lingkungan dan bila ada diketahui kejahatan narkoba agar segera dikemukakan.

Sedangkan Ketua LSM Sahabat ’49 Dedhy Haryadi mengatakan, menanggulangi persoalan narkoba akan berjalan baik bila tumbuh kepedulian dan kreativitas masyarakat atas hal itu. Penyalahgunaan narkoba, lanjutnya, akan tertutup ruang geraknya jika setiap masyarakat menaruh kewaspadaan pada lingkungan tempat tinggalnya. (Deni M/Humas BNN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar