Selasa, 05 Agustus 2014

SD Negeri 38 Bonto Perak Cahaya Dari Timur

Pangkep, Metropol - Lembaga Pendidikan Dasar SD Negeri 38 Bonto Perak merupakan sekolah inti pembawa cahaya dari timur Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Terbukti, meski sebagai sekolah yang berada di pinggiran timur Kecamatan Pangkajene, SD Negeri 38 Bonto Perak tak ketinggalan menjadikan siswa-siswinya untuk meraih prestasi, baik prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Terbukti, SD Negeri 38 Bonto Perak, Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep dibawah kepemimpinan Basri, S.Pd., M.Pd telah mengantarkan siswa-siswinya meraih prestasi gemilang di bidang non akademik dengan meraih juara pencak silat tingkat nasional.

SD Negeri 38 Bonto Perak yang berlokasi di Kelurahan Bonto Perak Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep, membina kurang lebih 239 siswa-siswi. Dengan tenaga pendidik 13 guru PNS (semua sudah bersertifikasi) dan 10 guru honorer serta dibantu seorang bujang sekolah. Bertekad melahirkan generasi unggul, handal, berbudi luhur, berkarakter dan berkualitas, sesuai visi yang diemban yaitu unggul dalam prestasi berdasarkan Iptek dan Imtaq berbasis keterampilan dan budaya lingkungan. Tak ketinggalan sebagai sekolah ADIWIYATA tahun 2012 dan sekolah sehat pada tahun 2014 yang dibuktikan dengan raihan penghargaan dari Bupati Pangkep, H. Syamsuddin A. Hamid, SE.

Mengingat SD Negeri 38 Bonto Perak yang memiliki 11 rombel dan 10 ruang kelas merupakan sekolah inti yang sering ditempati pertemuan serangkaian dengan kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru). Tidaklah berlebihan bila Kepala UPTD Kecamatan Pangkajene, H. Sabri Hamid, S.Pd menjuluki lembaga pendidikan dasar ini sebagai cahaya dari timur di Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Dalam tahun pelajaran 2014 – 2015 menerima siswa baru secara “Online” sebanyak 40 orang.

Bahkan, dalam mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. SD Negeri 38 Bonto Perak merupakan satu-satunya sekolah pelaksana kurikulum 2013 secara mandiri yang dicanangkan Bupati Pangkep H. Syamsuddin A. Hamid, SE, yang mana Pangkep satu-satunya Kabupaten sebagai pelaksana kurikulum 2013 secara mandiri di Sulawesi Selatan.

Kepala SD Negeri 38 Bonto Perak, Basir, S.Pd, M.Pd mengimbau kiranya dalam upaya meraih ADIWIYATA Nasional, pihak pemerintah Kabupaten Pangkep dapat memberikan bantuan bak air, mengingat di Kelurahan Bonto Perak bila musim kemarau, pasti yang menjadi kendala adalah masalah air bersih. Sementara untuk menjaga agar tanaman hijauan (bunga-bunga) tetap tumbuh subur, membutuhkan air yang cukup memadai. Hal itu telah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda Kabupaten Pangkep untuk mendapatkan perhatian.

Di bagian lain, Basri menyebutkan, saat ini yang amat mendesak adalah rehabilitasi rumah bujang sekolah. Mengingat sejak tahun 1975 hingga saat ini rumah bujang sekolah tidak pernah diperbaiki. (Bis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar