Selasa, 05 Agustus 2014

Membentuk Karakter Anak Bangsa

Pangkep, Metropol - Lembaga Pendidikan Dasar SD Negeri 15 Bonto Jai Kabupaten Pangkep dibawah pimpinan Makka Tahir, S.Pd bertekad membentuk karakter dan tata krama anak bangsa yang semakin mantap dan meyakinkan melalui kegiatan amaliah Ramadhan.

Kegiatan Amaliah Ramadhan 1435 H yang berlangsung selama 5 mulai tanggal 7 – 12 Juli 2014, diikuti 65 murid-murid kelas 4 hingga kelas 6 serta 15 orang guru termasuk honorer. Bertujuan membentuk karakter dan tata karma anak bangsa sekaligus sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT baik anak didik maupun pendidik (guru) jajaran SD Negeri 15 Bonto Jai.

Kepala SD Negeri 15 Bonto Jai, Makka Tahir mengatakan, setelah selesai amaliah ramadhan, anak-anak didik akan tetap diberi pembinaan mental spiritual yang akan dilakukan oleh guru agama yang ada di sekolah ini. Dan, mereka mempraktekkannya melalui shalat berjamaah.

Selain itu, setelah murid-murid usai mengikuti kegiatan amaliah ramadhan dan sudah tahu apa visi misi sekolah, mulai dari cara bergaul, cara berpakaian (menggunakan pakaian seragam sekolah), selanjutnya mereka diharapkan mampu meraih predikat murid cerdas serta mencintai lingkungan sekolah yang bersih, indah, asri dan nyaman dipandang mata.

Di lembaga pendidikan dasar SD Negeri 15 Bonto Jai Kabupaten Pangkep diterapkan 5 sikap dalam menuntut ilmu pengetahuan yakni salam, sapa, senyum, sopan dan santun. Ini merupakan salah satu wujud pembinaan karakter, disamping diajarkan kepada murid-murid untuk shalat berjamaah bersama dengan para guru sebagai bagian membangun hubungan emosialonal dan cinta kasih antar sesama dan pencipta. Di SD Negeri 15 Bonto Jai, pun diterapkan pola pendidikan bernuansa Islami.

Kepala SDN 15 Bonto Jai, Makka Tahir, yang juga dikenal sebagai Ketua Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (FKKKS) Kecamatan Pangkajene  mengemukakan, yang dimaksud dengan “Bernuansa Islami” adalah suatu upaya melestarikan nilai-nilai budaya  Islam. Dimana pada setiap hari Jum’at semua siswa berbusana muslim/muslimah serta dibarengi pengajian dan pembinaan mental spritual.

Bukan itu saja, di SD Negeri 15 Bonto Jai juga dilestarikan budaya bersih, budaya tertib, budaya sipakatau/kekeluargaan, budaya indah serta budaya sehat. Untuk mencapai nilai-nilai tersebut, berbagai upaya telah dilakukan oleh semua warga sekolah, masyarakat (komite sekolah) bersama dewan guru.

Misalnya, untuk mencapai Sekolah bernuansa Islami, pada hari Jum’at. Setiap siswa sejak dini diupayakan untuk berbusana muslim dan muslimah serta belajar mengaji. Siswa laki-laki memakai celana panjang sedang perempuan berbusana muslimah dan berkerudung. Sedang untuk menumbuhkembangkan budaya bersih, diluncurkan program setiap siswa harus memungut satu sampah dengan mengkavling area perawatan serta kebersihan setiap kelas secara berkesinambungan.  (H Pattola)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar