Selasa, 05 Agustus 2014

Nirwana, SPd: Peduli Kebersihan dan Peningkatan Mutu

Pangkep, Metropol - Kalau ada guru yang terbilang amat peduli terhadap kebersihan lingkungan kelas, halaman sekolah dan sekitarnya. Dia adalah, Nirwana, S.Pd, guru kelas 2 SD Negeri 11 Pabbundukang Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep - Sulsel.

Selain amat peduli terhadap kebersihan lingkungan kelas, ia pun terbilang sangat memperhatikan upaya peningkatan mutu anak-anak didiknya, ungkap Kepala SD Negeri 11 Pabbundukang, Amiruddin, S.Pd.

Nirwana, terbilang guru yang cukup lama mengabdi di lembaga pendidikan dasar SD Negeri 11 Pabbundukang. Ia mengabdi sejak tahun 2003 silam dan termasuk salah seorang CPNS Honorer Kategori dua (K2) yang amat mendambakan menjadi PNS sebagai tempat mengabdi guna mencerdaskan anak bangsa.

Ketika ditemui wartawan, Nirwana yang terbilang guru kreatif dan memiliki kemauan keras mewujudkan lingkungan kelas dan sekolah yang bersih, indah, asri, nyaman dan memiliki nilai estetika yang menarik mengatakan, meski tugas utama kami mengajar anak-anak (murid) di kelas. “Namun tak lupa pula kami senantiasa memotivasi dan mengajak anak didik untuk melakukan kegiatan kebersihan kelas serta halaman sekolah,” katanya.

Sebelum masuk kelas, semua anak didik dianjurkan untuk pungut-pungut sampah yang tampak bertebaran di halaman sekolah. Setelah itu, mereka membersihkan kelas masing-masing dan memungut sampah yang ada di dalam kelas.

Kondisi semacam ini memang sengaja ditanamkan sejak dini terhadap anak didik agar mereka terbiasa melakukan kegiatan kebersihan yang diawali dari kelas masing-masing. Dengan tumbuh dan berkembangnya kebiasaan melakukan kegiatan kebersihan tersebut, niscaya akan terbawa hingga di lingkungan tempat tinggal masing-masing, ungkap Nirwana.

Saya sangat simpati dan mengapresiasi pola kepemimpinan kepala SD Negeri 11 Pabbudukang, kata Nirwana. Dengan penerapan manajemen keterbukaan yang dilakukan Pak Kepala Sekolah mendorong kami untuk disiplin, baik masuk kantor, mengajar serta melakukan berbagai kegiatan sekolah yang pada akhirnya mampu menumbuhkembangkan semangat persatuan, kekompakan dan kebersamaan dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar di sekolah, tandasnya.

Ada satu hal yang patut dicontoh dari pola kepemimpinan Bapak Kepala Sekolah, yakni membina dan menciptakan suasana kekeluargaan dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar di sekolah dengan tetap memprioritaskan kedisiplinan, kata Nirwana. Mudah-mudahan kondisi semacam ini dapat menjadi spirit bagi kami semua, pungkasnya. (Zainuddin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar