Selasa, 05 Agustus 2014

Porseni SLTP/SLTA Tahun 2014

Enrekang, Metropol - Pekan Olahraga dan Seni antar Pelajar SLTP/SLTP dan sederajat SE Kabupaten Enrekang yang dilaksanakan pada tanggal, 16 s/d 21 Juni 2014 di Lapangan Abubakar Lambogo Batili dan GOR Massenrempulu yang berlokasi di Kecamatan Enrekang.

Pembukaan Porseni diawali dengan devile para peserta yang disaksikan oleh Wakil Bupati Enrekang H. Amiruddin, SH bersama Muspida, Anggota DPRD Drs. Nurdin Rauf, Para Kepala SKPD, Para Kepala sekolah dan undangan.

Drs. Mardin, M.Pd selaku Ketua Panitia pelaksanaan Porseni Tingkat Kabupaten Enrekang dalam laporannya pada pembukaan Porseni menyampaikan  dasar pelaksanaan kegiatan Porseni adalah undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2014 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Keppres No. 23 Tahun 1976 jo Keppres No. 52/1984 tentang Hadiah Seni, Ilmu Pengetahuan, Pengabdian dan Olahraga, Recana Jangka Menengah yang termuat dalam Rencana Strategi Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pariwisata, APBD Kabupaten Enrekang pada DPA Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten tahun anggaran 2014 program pembinaan dan pemasyarakatan olahraga dan seni.

Tujuan kegiatan pecan Porseni antar pelajar SLTP/SLTA dan sederajat untuk membina silaturrahmi dan mengembangkan bakat olahraga dan seni dikalangan pelajar se Kabupaten Enrekang melalui pertandingan berbagai cabang olahraga dan kesenian. Tema “Dengan Porseni kita tingkatkan silaturrahmi dan sportifitas Olahraga” dengan sasaran untuk mencari bibit olahragawan yang berprestasi, melestarikan dan mengembangkan kesenian di kalangan pelajar, memotivasi kepada para pelajar mencintai olahraga dan seni, ajang silaturrahmi antar siswa dan mencari bibit olahragawan berprestasi untuk dikembangkan dan dibina lebih lanjut.

Jenis olahraga dan kesenian terdiri dari volley ball, tennis meja, bulu tangkis, sepak takraw, paduan suara dan nyanyi solo. Ikut dalam kegiatan Porseni terdiri dari SLTP 50 sekolah, SLTA 28 sekolah yang berasal dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Enrekang. Biaya dibebankan dalam DPA Dinas Pemuda dan Pariwisata Tahun Anggaran 2014.

Wakil Bupati Enrekang dalam sambutannya pada pembukaan Porseni menyampaikan pekan olahrga dan seni  antar pelajar bertujuan untuk mengaktualisasikan potensi para peserta secara aktif produktif dan kreatif. Hal ini penting mengingat potensi yang teraktualisasi dengan baik dapat mengembangkan potensi diri peserta baik kepribadian kepemimpinan dan solidaritas.

Melalui perhelatan porseni ini diharapkan penggalian potensi para peserta dapat bermanfaat untuk mencari peluang-peluang yang lebih lanjut sehingga peserta dapat berkifrah dalam iven lebih tinggi di tingkat Provinsi atau di tingkat Nasional. Itulah tujuan utama mengapa porseni kita hadirkan kembali di Kabupaten Enrekang, oleh karena kita ingin membangkitkan potensi dibidang olahraga dan seni di kalangan pelajar, dilanjutkan pernyataan membuka porseni. (Syah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar