Senin, 04 Agustus 2014

Polri Luncurkan e-KTA Pantau Transaksi Keuangan Personel

Jakarta, Metropol - Mabes Polri meluncurkan program yang menggandeng dua bank plat merah, BRI dan Mandiri. Program tersebut berupa Kartu Tanda Anggota elektronik (e-KTA), yang juga berfungsi untuk mengawasi sebagai transaksi keuangan personel Polri.

"Itu adalah bagian upaya yang dilakukan institusi Polri untuk mengawasi seluruh transaksi yang ada, sehingga transaksi itu terukur semuanya, dari transaksi yang ada di bank itu," kata Kapolri Jenderal Sutarman usai penandatanganan nota kesepahaman antara Polri dengan Bank Mandiri dan BRI di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, pekan lalu.

KTA elektronik merupakan embrio dari single identity number. Selain menampung seluruh gaji personel Polri, di dalam kartu tersebut juga terdiri dari riwayat serta identitas pemilik kartu.

Ke depan, kartu yang menggunakan chip ini dilengkapi dengan data sidik jari. Bagi Polri, kartu tersebut juga selain riwayat keanggotaan juga meliputi nomor registrasi senjata.

Apakah artinya personel Polri tidak boleh memiliki akun Bank lain selain dua Bank yang dikerjasamakan?

"Kita harapkan, kita imbau kesana, nanti lama-lama kalau seluruhnya sudah, jadi bukan hanya memuat di rekeningnya Bank Mandiri, kita memuat semua perbankan," jawab Sutarman.

KTA elektronik untuk saat ini baru berlaku untuk jajaran Mabes Polri dan Polda Metro Jaya dan bertahap ke tingkat Polda. Termasuk mereka yang bertugas di perbatasan. (Kamal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar