Selasa, 05 Agustus 2014

Pembangunan RSUD Modern Mandek

Bantaeng, Metropol - Pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bantaeng, yang diberi nama RSUD Anwar Makkatutu, salah seorang dokter ahli kulit yang berasal dari daerah ini, di lihat dari bangunan fisiknya, sudah hampir mencapai tahap penyelesaian. Dimana bangunan fisik bangunan berlantai delapan ini, yang sudah diselesaikan pekerjaannya telah mencapai 70%. Kini penyelesaian pembangunannya mengalami penundaan akibat anggaran pembangunan belum ada. Padahal, Pjs. Direktur RSUD rencanakan tahun depan rumah sakit ini sudah dapat dioperasikan.

dr. Sultan, Pjs Direktur RSUD Bantaeng, saat ditemui Metropol di ruang kerjanya, pekan lalu mengatakan, "tahun depan gedung baru RSUD Anwar Makkatutu, sudah bisa ditempati, andaikan anggaran penyelesaian pembangunan rumah sakit tahun ini cepat dikucurkan," ujarnya.

Rumah sakit umum Kabupaten Bantaeng ini, di bangun dengan bangunan berlantai delapan dan ditargetkan dapat menampung 220 pasin rawat inap. Dengan rencana anggaran biaya yang diajukan, lebih kurang sebesar Rp 168 miliar.

Sementara dari tiga tahapan pengucuran anggaran biaya pembangunan rumah sakit ini, totalnya baru menggunakan biaya sebesar Rp 65.7 miliar, yang diperoleh secara bertahap. Tahap pertama sebesar Rp 19 miliar, tahap kedua sebesar Rp 13,3 miliar, dan tahap ketiga sebesar Rp 33,4 miliar. Kesemua anggaran ini murni berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Adanya keterlibatan investor dari Jepang, yang turut membantu pembangunan rumah sakit elite menurut ukuran rumah sakit di daerah ini, saat dipertanyakan pada dr. Sultan. Jawabnya, "Soal investor dari Jepan, Bantuan dalam hal anggaran pembangunan itu tidak ada, tetapi bantuan dalam bentuk peralatan kesehatan (alkes) itu ada. Hanya saja bantuan alat kesehatan ini nanti diserahkan setelah pembangunan gedung rumah sakit rampung," tutur dr. Sultan.

Keberadaan rumah sakit yang berlantai delapan dan tergolong besar serta elite di Kabupaten Bantaeng, sasarannya adalah untuk membantu pelayanan kesehatan masyarakat yang berada di wilayah selatan provinsi Sulawesi Selatan, seperti dari Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bulukumba, dan Kabupaten Selayar.

Dengan adanya RSUD Bantaeng, rumah sakit yang rencana memiliki sarana pelayanan kesehatan lengkap dan modern, diharapkan kedepan dapat membantu pelayanan kesehatan masyarakat selatan, sehingga masyarakat bagian selatan wilayah Sulawesi selatan yang butuh pelayanan kesehatan, tidak perlu repot ke Makassar berobat, karena di rumah sakit ini nantinya dapat memberikan pelayanan kesehatan yang komplit. 

Semoga saja, bantuan anggaran pembangunan rumah sakit ini, cepat terealisasi agar pembangunannya dapat dengan segera dirampungkan. (Jalal Maulana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar