Selasa, 05 Agustus 2014

Mudik Lebaran Bersama PELNI

Jakarta, Metropol - Kali ini PELNI telah menyediakan mudik lebaran yang cukup memberikan kenyamanan. Selain itu, Pelni juga memberikan diskon tiket bagi pemudik, sebesar 50 persen bagi Kelas I, II, III dan IV disejumlah ruas dan kapal.

“Seluruh armada telah dikerahkan, untuk melayani pemudik tahun ini. Dan tidak ada kapal yang docking selama masa angkutan lebaran 2014,” kata Dirut Pelni, Sulistyo Wimbo Hardjito. Pelni juga dilengkapi sistem dan fasilitas keselamatan yang memenuhi standar regulasi The International Convention For The Safety Of Life At Sea (SOLAS) dari International Maritime Organization (IMO).

Diketahui lonjakan pemudik yang menggunakan kapal Pelni tahun 2014 mengalami kenaikan 3 persen menjadi 729.520 penumpang dari 708.272 penumpang pada periode mudik 2013 lalu. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sepeda motor roda dua, dengan tujuan Semarang, kapal Ciremai sebagai alternatif menghindari jalur Pantura Jawa.

KM Ciremai merupakan kapal 3 in 1 kedua yang dimiliki Pelni yang mampu mengangkut penumpang, konteiner, sekaligus kendaraan mobil dan motor. Kapal Motor Ciremai akan melayani angkutan sepeda motor pada tanggal 24 Juli dan 26 Juli untuk rute Tanjung Priok (Jakarta) menuju Tanjung Emas Semarang.

Komunikasi penumpang juga diberikan pelayanan oleh Pelni selama berlayar. Sebanyak 16 kapal penumpang telah dilengkapi Base Transceiver Station (BTS), yang khusus melayani teknologi Security Alert And Tracking System yang terbuka dan mudah dipantau oleh masyarakat umum melalui internet secara real time.

Sebagai kapal penumpang selama ini, Pelni juga menyediakan jasa angkutan transportasi laut, meliputi jasa angkutan penumpang dan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan Pelni mengoperasikan 25 unit kapal penumpang dan 3 unit kapal barang tipe Caraka yang memiliki kapasitas 3.000 ton. Jenis barang yang diangkut menggunakan kapal barang Pelni, diantaranya baju, semen, pupuk, tapioka, kaca dan aluminium. (Delly M)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar