Sabtu, 03 Mei 2014

Stimulasi Publik Dengan Tontonan Berkarakter Tuntunan

Jakarta, Metropol - Membangun kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkoba membutuhkan kreativitas yang tak kenal batas. Badan Narkotika Nasional (BNN) menyadari betul hal ini. Karena itulah, Deputi Bidang Pencegahan BNN menggelar forum komunikasi berupa dialog interaktif dan pergelaran seni budaya dalam bentuk teater dengan mengusung tema “Melalui Pergelaran Seni Budaya Kita Selamatkan Pengguna Narkoba”, di TMII, Jakarta, Sabtu (3/5).

Kepala BNN, DR Anang Iskandar mengungkapkan kegiatan pergelaran seni dan dialog interaktif ini akan menjadi tontonan yang sarat dengan tuntunan dan menjadi sarana penyampaian informasi cukup efektif, tentang permasalahan narkoba yang terjadi saat ini.

Pada kesempatan kali ini, BNN kembali bersinergi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Menurut Kepala BNN, kerja sama ini terjalin dengan spirit dan misi yang sama yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap masalah adiksi yang dihadapi oleh pengguna narkoba.

”Masyarakat belum paham betul mengenai kekhususan para pengguna narkoba. Pada dasarnya mereka adalah orang  sakit yang harus diobati, bagi mereka penjara bukanlan solusi, karena tidak akan memberikan efek jera. Justru cara yang ideal adalah rehabilitasi agar mereka pulih dari masalah adiksinya. Harapannya tentu jelas sekali, masyarakat tidak lagi senang dengan penghukuman pada para pengguna karena mereka pada dasarnya bukan kriminal,” himbau Kepala BNN.

 Fakta empiris yang saat ini masih mengemuka di tengah masyarakat, para pengguna masih terkendala stigma yang menyebabkan mereka tidak ingin keluar dari persembunyiannya untuk direhabilitasi. Dengan pesan-pesan melalui seni teater inilah diharapkan mampu menggugah masyarakat untuk menghilangkan stigma, sehingga para pengguna narkoba tidak takut lagi untuk melaporkan diri ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL), sehingga mereka bisa mendapatkan layanan rehabilitasi.

Dalam kesempatan ini juga, Kepala BNN berpesan kepada masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat dan imun untuk menolak narkoba, sekaligus proaktif dalam rangka meningkatkan kampanye penyelamatan pengguna narkoba. (Kamal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar