Senin, 19 Mei 2014

Nelayan Kendari Sangat Terbantu Dengan Mobil SLIN

Kendari, Metropol - Proyek Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) yang dicanangkan olek Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (PHP) sangat dirasakan manfaatnya oleh Kelompok Nelayan di Kota Kendari Sultra. La Sia (40) salah seorang nelayan kepada Metropol mengatakan selama pihaknya mendapatkan fasilitasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra untuk mendapatkan mobil SLIN tersebut tidak lagi ragu dengan kualitas ikan yang akan dipasarkannya. 

Betapa tidak,  pihaknya yang selama ini tidak dapat menjamin kualitas ikan segar karena proses pembusukan yang diakibatkan keterlambatan pengangkutan namun dengan hadirnya mobil SLIN pihaknya sudah dapat mendistribusikan ikan hasil tangkapan dengan cepat. "Manfaatnya besar sekali untuk mengangkut ikan hasil tangkapan dari dermaga ke pabrik ataupun dari dermaga ke daerah-daerah yang membutuhkan" ucap pria yang juga Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sinar Asia ini. 

Senada dengan hal itu di tempat terpisah Kapala Bidang PHP  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra Burhanudin Uno saat ditemui di ruang kerjanya  kepada Metropol mengatakan, SLIN hadir untuk dapat mempertahankan mutu ikan dari proses penangkapan sampai ke konsumen. "Jadi roh dari SLIN ini adalah Kualitas Ikan," ungkap Burhanudin. 

Selanjutnya dia katakan pada 2013 lalu DKP Sultra telah memfasilitasi 5 kelompok untuk mendapatkan bantuan kendaraan roda empat dan roda enam dengan rincian dua unit kendaraan roda empat dan tiga unit kendaraan roda enam. Karena program ini sangat diminati dan dirasakan manfaatnya, maka untuk  tahun 2014 ini kami telah mengusulkan dan sedang diproses di Kementerian KKP tutup Burhanudin. (Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar