Kamis, 17 April 2014

Hj. Wahidah, S.Pd Membawa Perubahan

Pangkep, Metropol - Meski baru sekira 10 bulan  menjabat Kepala  SD Negeri 8 Pacce’lang Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep, Hj. Wahidah, S.P  yang dikenal sebagai mantan guru kelas 6 SD Negeri 7 Tekolabbua,  datang dan hadir dengan tekad membawa perubahan. Perubahan merupakan amanah yang wajib diejawantahkan, tandasnya.

Terbukti, saat wartawan Metropol  berkunjung ke ruang kerjanya (Sabtu, 12/4) lalu. Wajah sekolah yang dulunya tampak tak terawat, kini tertata rapi. Ruang Kepala Sekolah telah dicat dengan warna merah muda memberi nuansa baru, di lembaga pendidikan dasar SD Negeri 8 Pacce’lang telah mengalami perubahan. 

Tanpa basa-basi Kepala Sekolah SD Negeri 8 Pacce’lang menyebutkan, bahwa kehadirannya di lembaga pendidikan dasar ini semata untuk merubah image masyarakat, yang tadinya menganggap sekolah ini senantiasa “bermasalah” menjadi lembaga pendidikan yang mampu bersaing dengan sekolah lainnya.

Banyak info dan masukan yang telah kami dapatkan. Oleh sebab itu, sebagai orang yang diberikan amanah oleh Bupati akan menjalankan amanah tersebut secara profesional dan proporsional. Memang untuk melakukan sebuah perubahan tentu banyak tantangan dan hambatannya, tetapi dengan tekad untuk sebuah perbaikan. Kami berharap segenap elemen jajaran SD Negeri 8 Pacce’lang bersama komite sekolah dan orang tua siswa  dapat memahami hal tersebut dan mau bahu membahu dalam melakukan perbaikan dimaksud.

Mengingat Bupati Pangkep amat membutuhkan sosok kepala sekolah profesional bukan titipan, maka kami akan menjalankan amanah tersebut sesuai dengan kemampuan yang kami miliki. Tentunya perlu ditopang oleh semangat kebersamaan, kekompakan dan saling pengertian semua pihak. Bukan berarti kami mau menggurui, tetapi ini kami lakukan semata karena panggilan profesionalisme, imbuh Hj. Wahidah.

Itulah sebabnya, selama menjabat Kepala Sekolah, kami menerapkan pola manajemen keterbukaan. Tanpa keterbukaan, niscaya teman-teman yang ada di sekolah ini termasuk komite sekolah dan orang tua siswa enggan untuk berperan aktif. Implementasinya, setiap menjelang semester diadakan pertemuan dengan segenap dewan guru, komite sekolah serta orang tua siswa.

Alhamdulillah, dengan diwujudkannya pola manajemen keterbukaan, semua program yang telah dicanangkan dapat terlaksana dengan baik. Dan, perlu diketahui, kini telah terjelma perobahan pola pikir dan pola tindak dari segenap jajaran lembaga pendidikan dasar SD Negeri 8 Pacce’lang ini. Kondisi riel semacam ini akan tetap dilakukan guna terwujudnya peningkatan kualitas anak didik serta terlaksananya proses belajar mengajar yang semakin nyaman, ungkap Hj. Wahidah.

SD Negeri 8 Pacce’lang membina 221 siswa dengan tenaga pengajar 9 orang guru PNS, 3 orang guru honorer telah bertekad menjadikan lembaga pendidikan dasar ini menjadi lebih baik dan mampu menelorkan siswa yang mampu bersaing dengan siswa lainnya di daerah ini. Disebutkan, tahun 2014 ini, siswa SD Negeri 8 Pacce’lang telah menorehkan prestasi menggembirakan dengan meraih juara II renang pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar.  

Hj. Wahidah menambahkan, meski tahun 2014 ini sekolah yang dinakhodainya memperoleh bantuan proyek pembangunan rumah dinas kepala sekolah melaui DAK, namun ia pun berharap kepada pemerintah agar dapat diberikan bantuan tanah timbunan, mengingat bila musim hujan halaman sekolah senantiasa digenangi air bah, juga kondisi lapangan upacara becek. Bukan itu saja, di sekolah ini “kambing” seenaknya bermalam di halaman sekolah. (Bis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar