Kamis, 18 Oktober 2012

Gaji Penyidik Polri Lebih Rendah Daripada Penyidik KPK

Jakarta, Metropol.

Kesenjangan perbedaan masalah gaji yang diberikan oleh Pegawai Negeri  maupun swasta dalam pekerjaan, merupakan persoalan kearifan seseorang untuk berbuat lebih bijak melakukan kinerja. Apalagi dilihat dari eselon atau tingkat kepangkatannya, seperti yang terjadi di tubuh Polri.

Dimana Polri bagian penyidik diketahui lebih rendah dibanding dengan penyidik yang ada di KPK. Kesenjangan ini membuat beberapa penyidik yang sudah ditempatkan di KPK merasa betah dan terhormat jika sudah bekerja di KPK. Hal ini diakui oleh Boy Rafly Amar dari Karo Penmas Polri, ketika isu ini mencuat kepermukaan. “ada perbedaan gaji penyidik dan biaya operasional penindakan kasus di Polri dan KPK, sampai empat atau lima kali lipat,” ungkap Boy Rafly Amar.

Namun kata Boy, tidak ada keluhan secara mendasar menyangkut perbedaan gaji kedua instansi. “Tidak ada keluhan kami bertugas apa adanya,” katanya lagi.

Kalau melihat perbadaan, memang jelas jauh dibawah standar. Misalnya,  gaji untuk penyidik berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) di Polri berkisar Rp4 juta, sedangkan di KPK bisa mencapai Rp20 jutaan hingga Rp25 juta.

Begitu juga dengan biaya operasional penyidikan kasus korupsi. Biaya penyidikan di Polri sekitar Rp37 juta per kasus, sedangkan di KPK bisa mencapai Rp300 juta.

Boy mengakui perbedaan itu, tapi dia mengklaim hal itu tidak menjadi hambatan bagi penyidik Polri untuk melakukan tugas sesuai wewenangnya.

Namun dia mengatakan, jika kenaikan gaji dan biaya operasional segera terealisasi dapat berdampak positif pada kinerja kepolisian.

 Di tempat terpisah, Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika mengatakan, anggaran pemberantasan korupsi di KPK, Polri dan Kejaksaan akan disetarakan sehingga tidak ada alasan lagi pemberantasan korupsi terkendala anggaran.

Menyinggung hal itu, Boy memberikan apresiasi. Menurut dia, kesetaraan ini bisa membantu upaya Polri dalam penegakan hukum terutama penindakan korupsi.

"Ya memang timpang, maka dari itu jika ada anggaran tambahan merupakan dukungan positif buat kami," katanya. (BS/AN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar