Selasa, 23 Agustus 2011

Dalam Rangka Supervisi Kapolda Sulselbar Kunker di Mapolres Sidrap


Sidrap, Metropol

Kapolda Sulselbar Irjen Pol Drs Jhoni Waenal Usman, MM,  melakukan Kunjungan kerja di bulan Ramadhan  di Polres Sidrap. Dalam kunker Kapolda tersebut di sambut  Kapolres Sidrap AKBP Syamsi, Sik dan jajarannya. Hadir Wabub Sidrap H. Dollah Mando, Ketua DPRD Sidrap Andi Syukri   Baharman, Tokoh masyarakat dan para Kapolsek. Kapolda Sulselbar didampingi Irwasda dalam pengarahannya mengatakan, kunjungan kami  ke beberapa Polres di Wilayah Sulsel,  termasuk Polres  Sidrap ini,  dalam rangka supervisi  sekaligus  melihat langsung aktivitas masing-masing Polres dan apa yang telah dikerjakan dan yang belum di programkan. “Saya melihat situasi semakin tertib baik internal maupun eksternal di bulan Ramadhan ini. Namun masih ada beberapa struktur baru di Jajaran Polres  yang akan segera diisi dari Polda,’’ kata Jhoni Waenal.

“Apalagi sekarang umat Islam sedang melakukan ibadah puasa, hal itu bukan jadi alasan untuk beraktivitas dijajaran Polri, tapi tetap bekerja meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat terutama  dibulan Ramadhan ini. Banyak persiapan harus dijaga terutama jelang hari raya lebaran Idul Fitri karena tradisi masyarakat Indonesia yakni pulang kampung lebaran. Karena jangan sampai ada yang mudik ke kampung halamannya ternyata pulang jadi mayat. “Hal-hal inilah yang perlu diupayakan agar pelayanan di lakalantas berjalan aman, lancar dan tertib. Karena Polri adalah sebagai pelayan, pelindung, pengayom masyarakat. “Lakukan pelayanan, pengawalan,’’ kata Kapolda.

Jhony Waenal Usman juga menyinggung suasana jelang Pilkada Gubernur dan Pemilu 2014, “kita lihat positif dan negatifnya suhu politik, pesan kami jangan jadi terlena, tapi justru kita upayakan mengantisipasi sebelum terjadi anarki, karena kita tidak ingin bangsa dan Negara ini porak-poranda. Saya tegaskan, politik boleh panas tapi Polri harus jadi pelindung dan pelayan masyarakat. Dan tetap lakukan aktivitas sebagai Polisi,’’ujar Jhony Waenal.

Hal lain disampaikan Kapolda, “prestasi jajaran Polres harus ditingkatkan karena tugas dan fungsi Polri kedepan semakin berat dan kompleks. Sebelumnya Kapolres Sidrap AKBP. Syamsi SIK memaparkan gambaran penanganan sejumlah kasus dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Kasus kriminal sebanyak 625 kasus terdiri kasus pencurian sebanyak 336 kasus pada tahun 2010, turun menjadi 232  ditahun 2011. Menurut Syamsi kasus Curat, curas yang menonjol tahun 2011 ini sedangkan kasus curanmor meningkat, namun kasus perjudian juga turun, selain itu kasus narkotika juga turun dari 203 pada tahun 2010 turun menjadi 112 kasus. Sedangkan kasus lakalantas 41 kasus 2010 turun 37 kasus pada 2011 ini, sedangkan operasi lalulintas belum dilaksanakan seperti Haki, operasi Ketupat, manasik haji belum, karena masih menunggu surat perintah dari Kapolda,’’ kata  Syamsi.

Selanjutnya jumlah personil Polres Sidrap sebanyak 176 anggota, dan anggota Polsek 245 dari 7 Polsek yang ada di Kabupaten Sidrap jadi jumlah keseluruhan anggota 421 personil Polres Sidrap. (Umar Lau. SH/Aswin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar