Minggu, 07 Desember 2014

Polres Mamuju Utara Gelar Operasi Zebra 2014

Mamuju Utara, Metropol - Pelaksanaan upacara gelar pasukan ini adalah merupakan operasi mandiri wilayah Kepolisian kewilayaan dengan sandi Zebra 2014, dibidang satuan Lalulintas Mapolres Mamuju Utara, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, dalam menjelang hari Natal dan tahun baru 2015.

Untuk mengedepankan tindakan penegak hukum sebesar  80%, preventif, 10% dan preemtif 10%, Hal ini dilakukan secara selektif prioritas guna mewujudkan keamanan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, selama 14 hari, terhitung mulai 26 November sampai 9 Desember  2014, 

Waktu pelaksanaan Operasi Mandiri kewilayahan dengan sandi Zebra bertujuan adalah penegakan hukum dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2015 dengan kegiatan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir pelanggaran dan laka lantas, dan peran aktif masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan Budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

Sasaran operasi Mandiri kewilayah dengan sandi Zebra 2014 yang meliputi yakni, pelanggaran yang tidak menggunakan helm standar, pelanggaran batas kecepatan, bagi pengemudi kendaraan, yang membahayakan baik diri sendiri maupun orang lain, melawan arus, lalu lintas khususnya kendaraan Roda 2 kendaraan bak terbuka yang digunakan memuat manusia, kendaraan kelebihan muatan baik orang/barang, serta pengemudi dalam keadaan mabuk, dan menggunakan Narkoba, atau Miras, pengemudi menggunakan Handphone saat berkendara dalam kawasan pengguna jalan rentan/trotoar, jalur sepeda, dan Zebra Cross dan naik turun penumpang tidak pada tempatnya/ngetem/terminal bayangan. 

Sedangkan untuk cara bertindak yang kita gunakan dalam pelaksanaan operasi mandiri kewilayahan Zebra dengan berpedoman kepada etika Profesi. Dan tetap tegas serta hindari tindakan arogan yang berlebihan, sehingga menyebabkan citra Polri, khususnya Polantas menjadi negatif di mata masyarakat atau kontra produktif terhadap tujuan operasi Zebra 2014.   

AKBP Raspani, S.IK selaku Kapolres Mamuju Utara menegaskan, seluruh anggota Sat Lantas khususnya yang terlibat langsung dalam operasi Zebra untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas, Yakni, ”siapkan ruang posko Operasi Zebra yang di dukung dengan piranti lunak, piranti keras dan panel data baik manual maupun dalam bentuk Digital. Seluruh petugas yang terlibat dalam operasi zebra 2014 menggunakan pita warna putih pada lengan kiri. 

”Lakukan tugas secara profesional, prosedural dan akuntabel dalam pelaksanaan operasi zebra, hindari teguran kecil apapun. Baik dari pimpinan Polda, maupu dari Ditlantas, khususnya berkaitan dengan perilaku atau tindakan anggota dilapangan, maupun masalah laporan. Lakukan koordinasi dengan instansi terkait dan seluruh komponen lapisan masyarakat sehingga tercipta sinergi dan rasa kebersamaan yang tinggi dalam mendukung keberhasilan operasi,” ungkapnya. (Udin Virgo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar