Selasa, 07 Oktober 2014

Korem 143 Ho Lakukan Simulasi Penanggulangan Bencana

Pangdam VII Wirabuana Mayjen Bachtiar
didampingi Danrem 143 HO dan Kepala BPBD Sultra
Kendari, Metropol - Dengan berbagai macam peragaan yang dilakukan, dalam hal penanggulangan bencana baik secara teknik maupun Standar Oprasional Prosedur SOP.

Latihan ini digelar selama 3 hari di Aula Manunggal Korem 143 HO dengan tema, latihan simulasi kali ini yakni penanganan terhadap korban bencana alam banjir yang terjadi dibeberapa daerah di Sulawesi Tenggara yakni Kolaka Utara bagian Lasusua, Kolaka, Konawe dan kota Kendari dengan jumlah korban berkisar 500 orang. 

Latihan simulasi dilakukan di tiga tempat ini, karena daerah - daerah tersebut merupakan titik rawan banjir serta kejadian tahun lalu, yang dekat dengan sungai seperti sungai Pohara, sangat rawan banjir saat hujan turun. 

Kegiatan simulasi kali ini dipimpin langsung oleh Komandan Korem 143 HO Kolonel Infanteri Andi Sumangerukka, didampingi Kasrem 143 HO Letkol Infanteri Drs. Alamsyah, turut dihadiri Pagdam XII Wirabuana Mayor Jendral Bachtiar. 

Dalam sambutanya Dan Rem 143 HO dihadapan seluruh jajaranya agar semua peserta latihan mampu dan menguasai teknik evakuasi dengan menggunakan perahu karet LCR, atau sarana lainya. Dengan berbagai macam peragaan lainnya, seperti penanganan logistik sampai kepada distribusinya, baik itu penanganan perawatan pengobatan terhadap para korban bencana banjir. 

Dengan latihan simulasi ini Danrem 143 HO, berharap kepada semua personel yang telah ditunjuk agar dapat melaksanakan tugas sesuai kemampua dibidangnya dan benar - benar harus dapat menguasai materi penanganannya selama dalam masa latihan. 

Senada dengan sambutan Pangdam XII  Wirabuana, agar semua peserta yang menikuti latihan simulasi harus benar - benar memiliki kesiapsiagaan, mampu mendeteksi sedini mungkin tentang perkembangan situasi dan kondisi setiap kejadian.

Dalam latihan simulasi ini hadir Kepala BPBD Provinsi Sultra, Nasir Andibaso dalam sambutannya mengatakan, BPBD sebagai koordinator lapangan dalam latihan simulasi ini akan dilaporkan kepada Pemda dimasing - masing SKPD, baik itu kepada dinas sosial maupun Dinas Kesehatan, dibawa kendali Korem 143 Halu Oleo. (Bahrun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar