Selasa, 07 Oktober 2014

Ciptakan Pelajar Mahasiswa Bebas Dari Narkoba

Batu, Metropol - Untuk menciptakan sekolah dan Universitas yang bebas dari penyalahgunaan Narkotika, BNN Kota Batu untuk kesekian kalinya mengadakan sosialisasi Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), kali ini bertempat di MAN 2 kota Batu pertengahan september lalu.

Sudah diketahui Peredaran Gelap Narkotika di Indonesia dianggap sudah sangat mengkhawatirkan, bahkan saat ini Posisi Indonesia tidak hanya sebagai Negara Transit Narkotika tetapi sudah berkembang menjadi Produsen dan Pemasaran Narkotika. Terkait Peningkatan Status mengkhawatirkan itu tak lepas dari besarnya ketersediaan Barang Haram itu dan Permintaannya di masyarakat atau istilahnya Supply and Demand.

Upaya dalam menyelesaikan masalah Narkotika di Indonesia sudah banyak dilakukan oleh para penegak Hukum, namun sampai saat ini Pengguna Narkoba belum berkurang bahkan cenderung bertambah. Salah satu hal yang menyebabkan permasalahan tersebut belum dapat diselesaikan adalah Pandangan masyarakat terhadap pengguna Narkoba yang dianggap sebagai Pelaku Kejahatan atau Sampah Masyarakat.

Disisi lain Penyalahguna Narkotika memiliki sifat kekhususan dengan tingkat Relaps atau Tingkat Kekambuhan yang tinggi. Mereka tidak dapat pulih dengan sendirinya tanpa ada uluran tangan dari Keluarga, maupun perhatian kita semua. Agar kita dapat menyamakan Persepsi terhadap bagaimana seharusnya memandang dan menangani Pengguna, Penyalahguna dan Korban Penyalahgunaan Narkotika. Mereka Itu Sudah Kehilangan Masa Lalu Dan Masa Kininya, Jangan Sampai Mereka Kehilangan Masa Depannya.

Yang terpenting ada komunikasi aktif antara siswa, Guru, Dosen dan wali murid sehingga persamaan persepsi bahwa Narkotika patut diperangi secara serius dan bersama-sama akan menghasilkan lingkungan sekolah dan universitas yang  bersih dari bahaya narkoba.

Salah satu alasan BNN gencar melakukan sosialsasi di sekolah karena  diketahui  para Pengedar Narkoba banyak mengincar keberadaan para remaja karena tingkat pemikiran yang masih labil. Oleh karenaitu komunikasi  dan pemahaman harus terus menerus dan berkelanjutan di berikan  kepada mereka. 

Pemuda adalah tulang punggung bangsa dan penerus kemajuan bangsa. Mereka harus betul betul dijaga dari pengaruh buruk dan bahaya narkoba yang bisa menghancurkan kehidupan bangsa. Papar pemateri dari BNN kota Batu. (Yud/Rin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar