Kamis, 18 September 2014

Sekolah Dasar Negeri 16 Sekolah Berbudaya

Pangkep, Metropol - Sekolah Dasar Negeri 16 Bucinri yang terletak di dusun terpencil, tepatnya di Kampung Bucinri Kelurahan Mappasaile Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep – Sulsel dibawah kepemimpinan Hj. St. Halimah, S.Pd. telah mengalami perubahan “Drastis” dan  menjadi sebuah lembaga pendidikan dasar “Berbudaya”. 

Meski baru menjelang tiga tahun menakhodai lembaga pendidikan dasar SD Negeri 16 Bucinri, namun Hj. St. Halimah telah berhasil melakukan perubahan drastis menjadikan SD Negeri 16  Bucinri “Berbudaya” melalui pelestarian nilai-nilai budaya  bersih, budaya tertib, budaya sipakatau/kekeluargaan, budaya indah serta budaya sehat. 

Dalam mewujudkan nilai-nilai budaya tersebut, dilakukan melalui berbagai upaya dengan melibatkan semua warga sekolah dan masyarakat (komite sekolah). Seperti, untuk mencapai budaya bersih diluncurkan program satu siswa satu sampah dan kapling area perawatan serta kebersihan setiap kelas secara berkesinambungan. Pengecetan pagar dan gedung sekolah minimal sekali setahun yang dikerjakan oleh orang tua siswa.Sedanguntuk mewujudkan budaya tertib, setiap siswa dan guru wajib mentaati tata tertib dan aturan yang berlaku di sekolah. Sedang untuk budaya sipakatau/kekeluargaan, maka diluncurkan program pembiasaan mappatabe-tabe di depan guru dan wajib memberikan salam kepada guru ketika datang dan pulang, serta mewujudkan pelayanan prima melalui pendekatan kekeluargaan bagi setiap tamu yang datang di sekolah.

Menurut Hj. St. Halimah, di SD Negeri 16 Bucinri juga diterapkan budaya indah dengan cara mengupayakan pembuatan taman sekolah dan pemasangan papan berbicara disepanjang trotoar gedung sekolah. Sementara, untuk budaya sehat, pihak sekolah mengupayakan peran stakeholder seperti Dinas Kesehatan untuk pemberian program (NICE) NAIS serta imunisasi secara berkala, dibarengi  pemberian makanan tambahan bagi siswa. Dengan adanya nilai-nilai pembudayaan tersebut, diharapkan dapat memacu peningkatan prestasi belajar siswa yang muaranya pada peningkatan mutu pendidikan.Sejalan dengan misinya, SD Negeri 16 Bucinri mengelola dan melaksanakan pembelajaran PAIKEM (pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). 

Meningkatkan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, menggunakan ITC secara bertahap dalam proses pembelajaran, menyeimbangkan kegiatan umum dengan kegiatan keagamaan, serta menggalang peran serta masyarakat dan orang tua siswa dalam hal peningkatan prestasi belajar siswa.SD Negeri 16 Bucinri adalah sekolah “Berbudaya” dengan pendekatan pembelajaran PAIKEM berbasis ITC, transparansi dalam pengelolaan dana, membuat sekolah tersebut semakin dipercaya oleh masyarakat dan disegani oleh sekolah-sekolah lain.Tahun pelajaran 2014 – 2015, membina lebih dari 213 siswa (sebelumnya 188 siswa), memiliki 8 rombongan belajar (rombel) dengan tenaga pendidik professional sebanyak 14 guru PNS (termasuk kepala sekolah) dibantu 13 orang tenaga sukarela/honorer. Dari 13 tenaga honorer, 9 diantaranya telah lolos data base (K2). (H Pattola)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar