Selasa, 05 Agustus 2014

Pembentukan dan Pengukuhan Jurnalis Media Pemberita di Lingkungan BNNK Jakarta Timur

Jakarta, Metropol - Upacara peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2014, yang digelar dihalaman kantor Walikota Jakarta Timur. Hadir sebagai inspektur upacara Wakil Walikota Drs.H. Husein Murad MSI dan diikuti lebih dari 500 anggota upacara dari berbagai instansi pemerintah kota Administrasi Jakarta Timur, Para Kepala Kantor, Kepala Suku Dinas dan jajaranya, Kepala Satuan Pol. PP dan jajaranya, Kepala Sekertariat Kopri dan jajaranya, Kepala Bazis dan jajaranya, Kepala BNNK Jakarta Timur dan jajaranya, dewan pembina P4GN, komunar, gannas, granat, wartawan media cetak maupun elektronik dan FKKS Jakarta Timur.

Sebagai inspektur upacara Drs. H. Husein Murad, MSI dalam sambutanya membacakan, tema HANI tahun 2014 ini adalah “Drug Use Disorder Are Preventable And Treatable” (pengguna narkoba dapat dicegah dan direhabilitasi) tema ini mengandung makna bahwa pengguna narkoba adalah orang yang sakit. Mereka membutuhkan bantuan kita semua untuk berhenti dari kebiasaan mengkonsumsi narkoba dan membutuhkan rehabilitasi dengan harapan mereka dapat kembali melaksanakan fungsi sebagai anggota masyarakat secara normal. Mereka berhak memperoleh kehidupan yang sehat. Tema yang sangat inspiratif ini diharapkan dapat menggerakan dan mendorong segenap komponen bangsa dalam rangka menyelamatkan pengguna narkoba, mereka dapat dicegah agar jumlahnya tidak bertambah, mereka juga dapat direhabilitasi agar Demand (permintaan) narkoba menurun, ditambah dengan upaya penindakan terhadap para pengedar secara agresif, diharapkan berdampak pula pada menurunnya SUPPLY (peredarannya) narkoba di indonesia. Pada aspek pencegahan, telah dilakukan upaya peningkatan ekstensifikasi dan intensifikasi komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) P4GN mulai dari kalangan usia dini sampai dewasa secara luas keseluruh pelosok Indonesia. Dengan memanfaatkan sarana media cetak, elektronik maupun media online, serta tatap muka secara langsung kepada masyarakat. Disisi lain telah terbangun pula kesadaran, kepedulian dan kemandirian masyarakat dalam menjaga diri, keluarga, lingkunganya dari bahaya penyalahguna narkoba yang dilakukan secara swadaya, baik dilingkungan pendidikan, lingkungan tempat kerja maupun di lingkungan masyarakat. Dalam hal ini upaya rehabilitasi pengguna narkoba selama kurun waktu 2010-2014 telah direhabilitasi sebanyak 34.467 residen baik melalui layanan rehabilitasi medis maupun sosial di lembaga rehabilitasi milik pemerintah dan masyarakat. Meskipun sudah banyak capaian yang dihasilkan dalam upaya menyelamatkan bangsa indonesia dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Namun masih banyak hal yang membutuhkan perbaikan dan upaya penyempurnaan, serta kerja keras kita bersama.

Indonesia negeri yang kita cintai ini terus membangun diri. Kita tengah melaksanakan transformasi besar untuk jangka waktu 20 sampai 50 tahun mendatang. Kita sepakat pada tahun 2045, seratus tahun setelah merdeka menjadi negara yang ekonominya semakin kuat dan berkeadilan,demokrasinya semakin matang dan stabil, peradaban kehidupan masyarakatnya semakin maju dan unggul. Bangsa Indonesia akan mengalami Demographic Deviden, dimana dari245 juta penduduk indonesia yang tergolong berusia produtif sangat besar, apabila generasi yang berusia produktif ini sehat secara jasmani dan rohani, cerdas, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan terbebas dari penyalahguna dan peredaran gelap narkoba.

Selain itu Wakil Walikota Jakarta Timur Drs. H. Husein Murad, MSI melantik dan memberikan mandat kepada beberapa organisasi dan wartawan media cetak yang tergabung dalam P4GN di lingkungan BNNK Jakarta Timur. 3 orang dari organisasi KOMUNAR dan 4 orang wartawan salah satunya wartawan Metropol Deni Maita. Selain itu kepada media Sinar Pagi Baru, media sekolah dan aspirasi publik. Acara berlangsung secara hikmat dan berjalan lancar aman dan tertib. (Deni.M)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar