Senin, 19 Mei 2014

TNI Manunggal Membangun Desa di Kabupaten Barru

Barru, Metropol - Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia dan  kebetulan Kabupaten Barru mendapat kesempatan melaksanakan kegiatan ini sebagai upaya membantu Pemerintah memberdayakan wilayah pertahanan dan tugas Pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi. Kegiatan pembangunan di daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin/ tertinggal, daerah terpencil/terisolir, daerah perbatasan/pulau-pulau kecil terluar, daerah kumuh perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan.

Kegiatan TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke-92 ini akan berlangsung selama 21 hari, mulai tanggal 21 Mei hingga 10 Juni 2014 yang kegiatannya, tersebar di 61 Kabupaten/Kota, 71 kecamatan, 93 desa di seluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Barru yaitu di Kecamatan Tanete Riaja Desa Lompo Tengah, dengan melibatkan personel TNI, pada 280 sasaran TMMD yang tersebar di 13 Kodam.

Demikian yang disampaikan oleh Komandan Korem 142 Taro Ada Taro Gau (TATAG) Pare-pare Kolonel Infantri Syarifuddin Laupe, dalam sambutannya pada acara Peletakan Batu Pertama Pemasangan Dackker Pembangunan Jalan Pedesaan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI sebagai Program dari Tentara Menunggal Membangun Desa ke-92 tahun 2014 dihadiri oleh Bupati Kabupaten Barru Ir. H. Andi Idris Syukur MS, Dandim 1405 Mallusetasi Letnan Kolonel Infantri Sri Widodo, S.IP, M.Si, DANRAMIL se-Kabupaten Barru bersama Personil TNI yang melaksanakan TMMD, Camat Tanete Riaja Mustakim Pannugu B. SW dan turut dihadiri pula  Para Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Tanete Riaja, serta Masyarakat Dusun Botttolampe. Kolonel Infantri Syarifuddin Laupe yang juga selaku penanggung jawab TMMD mengatakan bahwa tidak semua KOREM dapat melaksanakan TMMD dan  dalam  satu KOREM  juga tidak semua KODIM dapat melaksanakan kegiatan semacam ini. Alhamdulillah Kabupaten Barru pada Wilayah KODIM 1405 Mallusetasi yang mendapatkan kepercayaan melaksanakan program TMMD dan Program ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Lembaga Pemerintah dan non Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat. Melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan  masyarakat di daerah pedesaan, mengingat proses perencanaannya selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, serta disusun dengan sistem bottom up planning.

Program Tentara Menunggal Membangun Desa di Kabupaten Barru adalah Pembangunan Jalan yang dikerjakan Pra TMMD yang dimulai Bulan Maret 2014 Lalu. Menurut Komandan Korem 142 Tatag, sebelum pembukaan TMMD kami (TNI, red) telah melakukan kegiatan yang bertujuan untuk memaksimalkan pekerjaan jalan tersebut, karena TMMD hanya berlangsung selama 21 hari. “Syukur Alhamdulillah kegiatan yang yang telah dilaksanakan sudah mencapai 50 persen dan  sudah dapat dimamfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kabupaten Barru Ir. H. Andi Idris Syukur MS. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tentara Menunggal Membangun Desa juga merupakan sarana untuk meningkatkan  kemanunggalan TNI-Rakyat, dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional melalui kegiatan yang terintegrasi dengan seluruh elemen masyarakat secara berkesinambungan.

Kegiatan Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) ungkap Bupati Kabupaten Barru Ir. H. Andi Idris Syukur difokuskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum berupa jalan sepanjang 1800 m yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah dan akan meningkatkan roda perekonomian desa atau daerah terpencil. Sedangkan sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju sejahtera dan mandiri.

Ditambahkan pula oleh Bupati Barru pada kesempatan itu bahwa Kabupaten Barru saat ini mengalami peningkatan ekonomi yang cukup signifikan yang ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang sudah mencapai angka 7,77 persen yang mana kenyataan tersebut  jauh melampaui pertumbuhan ekonomi rata-rata nasional.

Lanjut dikatakan Bupati Barru bahwa kita harus berbangga atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Barru dalam  melaksanakan seluruh Program Pengentasan Kemiskinan, misalnya program Rp. 500 juta/desa yang telah dilaksanakan sejak tiga tahun yang lalu dan itu sudah dipotret oleh Pemerintah Pusat.

Diakhir sambutannya Bupati Barru berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Barru untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu. Karena pada kenyataanya apa yang diisukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab tidak benar. (Mahmud Rahim/Ahkam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar