Kamis, 17 April 2014

Taman di Jakarta Utara Marak PSK dan PMKS

Jakarta, Metropol - Kurangnya pengawasan dari instansi terkait mengakibatkan sejumlah taman di Jakarta Utara beralih fungsi, menjadi lokasi mangkal Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Bahkan, di Taman Tablo yang terletak di Jl Yos Sudarso, Kelapa Gading Barat, ketika malam berubah menjadi lokasi mangkal Pekerja Seks Komersial (PSK). Keadaan tersebut membuat warga sekitar resah dan terganggu. 

Taman di Jakarta Utara yang kerap dijadikan lokasi PMKS berkumpul diantaranya, Taman Gorontalo, Sungai Bambu, Tanjung Priuk, Taman Sulawesi, Koja, Kecamatan Koja. Sedangkan taman yang dimanfaatkan PSK sebagai tempat mangkal diantaranya, Taman Terminal Tanjung Priok dan Taman Tablo.

Syahrul (31), warga Kelapa Gading Barat, mengatakan, keberadaan para PSK kini semakin marak di sekitar Taman Tablo. Hal itu menurutnya, karena lemahnya pengawasan terhadap taman yang terletak di Jl Yos Sudarso sisi timur.

"Mereka mulai mangkal sejak pukul 21.00 sampai jelang subuh. Ini kan jalan besar, kan nggak bagus kalau sampai anak-anak melihat hal seperti itu," keluhnya.

Menurut Syahrul, bebasnya para PSK tidak terlepas dari penerangan yang minim di Taman sepanjang 300 meter itu. Selain itu, walaupun sudah berulang kali ditertibkan, bila memang tidak ada pengawasan, para PSK akan kembali datang. "Mungkin seharusnya ada CCTV yang mengawasi. Jadi kalau mereka mulai mangkal akan ketahuan," katanya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Utara Junaedi mengaku, sudah mendapat laporan soal kondisi tersebut. Bahkan, ia mengaku sudah memerintahkan Sudin pertamanan untuk menindaklanjuti laporan yang dia terima.

”Saya sudah menerima laporannya. Saya sudah perintahkan petugas menyelesaikan masalah disana (Taman Tablo),” ujarnya.

Selain persoalan PSK, tambah Junaedi, Pemkot Jakarta Utara juga sudah meminta Sudin pertamanan memastikan seluruh taman di wilayah utara Jakarta bebas dari PMKS. Sampai saat ini, ia mengakui masih ada beberapa taman seperti Taman Gorontalo dan Taman Terminal Tanjung Priok yang menjadi tempat berkumpulnya PMKS.

”Sesegera mungkin akan kita bereskan. Saat ini saya sudah meminta kepada Sudin Sosial dan Satpol PP untuk melakukan penertiban," ungkapnya. (Heroe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar