Kamis, 17 April 2014

Polisi Kawal Distribusi Soal UN di Jakarta Utara

Jakarta, Metropol - Pendistribusian lembar soal dan lembar jawaban komputer rayon 3 Jakarta Utara dilakukan di SMA Negeri 13 mendapatkan pengamanan dari Polres Jakarta Utara. Sebanyak 32 kepala sekolah dari rayon 3 Jakarta Utara bersama staf masing-masing sudah berada di SMA 13 sejak Senin pukul 04.30 pagi dan dimulai dengan shalat serta rapat koordinasi selama 15 menit.

Noviola Leni, Kepala Sekolah SMAN 13 sekaligus Ketua Rayon 03 Jakarta Utara mengatakan bahwa rayon yang ia koordinasi terdiri dari 26 sekolah swasta dan 6 sekolah negeri.

"Persiapan distribusi soal dimulai sejak jam 05.15 WIB dimulai dengan membuka ruang segel penyimpanan. Pembukaan ruangan didampingi oleh kepolisian, pengawas satuan pendidikan dari perguruan tinggi, dan panitia ujian," ujar Noviola.

Ia menjelaskan bahwa kemudian soal diangkut ke ruangan panitia dan siap didistribusikan ke kepala sekolah masing-masing sekolah.

Ia menjelaskan tidak ada kekurangan dalam penyediaan soal dan distribusi. "Soal-soal untuk ujian dari hari Senin sampai Rabu sudah disimpan di SMA 13 dihadiri oleh perwakilan dinas pendidikan provinsi, dan kami dari panitia sudah mensortir sesuai kebutuhan masing-masing sekolah" jelas Noviola.

Pendistribusian soal ujian dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) di SMA 13 mendapatkan pengamanan dari Polres Jakarta Utara. "Pengamanan ini kami lakukan agar tidak terjadi kebocoran. Jadi kami awasi agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Kasat Binmas Polres Jakarta Utara AKBP Nurdi Satriadji kepada wartawan.

Nurdi menjelaskan, Jakarta Utara ada 81 SMA dan 76 SMK, di mana Jakarta Utara ada 3 rayon, yakni rayon 3 ada di SMA 13, rayon 4 ada di SMA 75, rayon 5 ada di SMA 111 Penjaringan. Menurut Nurdi sistem pengamanan distribusi soal dan LJK Ujian Nasional ini dilakukan sejak dokumen ujian nasional di drop, yakni pada sabtu (12/4) saat soal ujian di drop di masing-masing rayon.

"Ada 300 kekuatan personel dari Polres Jakarta Utara. Kami mengamankan penjagaan di tempat penyimpanan dan saat pendistribusian ke masing-masing SMA," ujar Nurdi.

Nurdi menjelaskan untuk pengamanan lembar kunci jawaban memiliki tempat penyimpanan khusus. "Ada dua kelompok pengamanan, pertama pengamanan naskah ujian di empat rayon dan pengamanan di lokasi penyimpanan naskah di SMAN 13," tutup Nurdi. (Usup)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar