Selasa, 02 Agustus 2011

Panglima TNI Tinjau Pelatihan Paskibraka Nasional 2011


Jakarta, Metropol.

Panglima TNI Laksamana  TNI Agus Suhartono, S.E., meninjau pelaksanaan latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2011 di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olah Raga Cibubur Jakarta Timur.  Pada kegiatan tersebut Panglima TNI  didampingi oleh Koorsahli Panglima TNI, Asrenum Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Askomlek Panglima TNI, Aster Panglima TNI, Wairjen TNI dan Kapuspen TNI. Kedatangan rombongan Panglima TNI disambut oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Waris dan Kepala Staf Kogartap I/Jakarta Brigjen TNI Bambang Hermanto serta pejabat Kemenpora, langsung menyaksikan pelaksanaan latihan upacara pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih.

Pelatihan  Paskibraka Nasional 2011 diikuti 66 orang  yang berasal dari 33 Provinsi di seluruh Indonesia, tiap Provinsi mengirimkan satu orang putra dan satu orang putri  terbaik, yang diberi kesempatan untuk menjadi tim Pengibar Bendera Pusaka Merah Putih pada pelaksanaan Hari Ulang Tahun  (HUT) ke-66 RI, 17 Agustus 2011 di halaman Istana Merdeka Jakarta Pusat.

Kegiatan penyelenggaraan pelatihan Paskibraka Nasional 2011 dilaksanakan mulai tanggal 20 Juli sampai 19 Agustus 2011. Selama mengikuti kegiatan, para peserta akan menerima pembekalan baik teori maupun praktek lapangan yang akan diberikan oleh narasumber dan pelatih yang berpengalaman dalam bidangnya.

Adapun materi yang akan diberikan terdiri dari : Materi Dasar Umum seperti Wawasan Kebangsaan dan NKRI, Manajemen Organisasi, Membangun Kepemimpinan Pemuda, Kebijakan Pengembangan Pemuda dan Demokrasi serta Deradikalisasi Pemuda Dalam Membangun Jiwa Nasionalisme. Materi pendukung diantaranya masalah Narkoba dan HIV/AIDS, bahaya pornografi di dunia maya dan etika pergaulan.

Materi Dasar Khusus meliputi, sejarah Paskibraka, memaknai semangat lagu Indonesia Raya, etika dan tatakrama kehidupan generasi muda dan sejarah Merah Putih. Praktek dasar lapangan meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB), cara melipat dan membentangkan Bendera, cara menaikkan dan menurunkan Bendera, cara mengikat tali Bendera di tiang Bendera, cara membentuk formasi barisan dan observasi lapangan. Selain itu juga mengadakan kunjungan kepada pejabat negara dan instansi tertentu, latihan kesenian, bakti masyarakat dan rekreasi.
(Kamal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar