Kamis, 30 Juni 2011

Samsat Pangkep Optimalkan Pelayanan Prima

Pangkep, Metropol

Samsat Pangkep optimalkan pelayanan prima dengan memberikan terobosan yang mengutamakan kecepatan dan kepuasaan wajib pajak (WP) saat mengurus surat-surat kendaraan bermotor/STNK.

Langkah terobosan tersebut terlihat dari pelayanan check fisik kendaraan yang berada di kantor Samsat Pangkep, Jl. Sultan Hasanuddin Pangkajene Kabupaten Pangkep – Sulsel. Pelayanan yang dikomandoi oleh Ipda Ribi, bekerja dengan cepat dan akurat dengan mengutamakan yang pertama masuk dan pertama keluar, tidak ada berkas yang pilih kasih.

Sistem antre amat diperhatikan. Faktor kecepatan dan kepuasaan merupakan obsesi Ipda Ribi dalam memberikan pelayanan prima terhadap wajib pajak. Kalau bisa dilakukan dalam tempo sesingkat-singkatnya kenapa tidak. Bila perlu dalam waktu 5 menit, pengurusan surat-surat kendaraan bermotor/STNK sudah dapat terselesaikan.

Itulah sebabnya, semua petugas pelayanan surat-surat kendaraan bermotor/STNK telah diamanahkan untuk bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing dengan senantiasa mengutamakan pemberian pelayanan prima.

“Kami tidak membedakan wajib pajak dengan biro jasa. Siapa yang pertama diantrean dia yang pertama selesai. Demikian selanjutnya, dengan tidak melepaskan fungsi kami sebagai pemeriksa fisik nomor rangka maupun nomor mesin. Maksudnya, kami bekerja tetap profesional sebagai petugas keabsahan check fisik kendaraan bermotor,” kata Ipda Ribi, yang sehari-hari dikenal sebagai Kanit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Polres Pangkep.

Abdullah, seorang wajib pajak dari Ma’rang, kepada Metropol, ketika mengurus STNK, sangat terkesan dengan pelayanan check fisik. Dia hanya butuh waktu 10 menit, mulai dari pengesekan nomor mesin/rangka hingga  keluar berita acara check fisik.

“Saya kaget. Beberapa tahun lalu, saat check fisik, terasa amat lama. Sekarang, berkas satu loket, siapa yang pertama antre dia yang pertama selesai,” kata Abdullah.

Pemantauan Metropol, di loket mutasi terlihat antrean  untuk daftar amat tertib. Berkas yang ditumpuk ditata rapi dan dipanggil sesuai dengan tumpukan yang pertama.

Syahrul, wajib pajak, yang kebetulan lagi ngurus penggantian STNK mobilnya, saat ditemui wartawan Metropol ditempat duduknya sambil menunggu dipanggil petugas loket, mengungkapkan, “kalau pelayanan begini saya senang, tidak saling mendahului. Kami dipanggil sesuai nomor antrean. Para petugas loket pun amat ramah dan murah senyum”.

Aipda Darwis, petugas loket mutasi, saat ditemui Metropol mengungkapkan, bahwa semua ini merupakan bentuk pelayanan prima sesuai arahan pimpinan kami, dengan mengutamakan zero complain. Dalam pemberian pelayanan prima tersebut, kami tidak melupakan kelengkapan berkas, jika sudah lengkap langsung kami kasih tanda terima untuk pegangan sekaligus sebagai bukti pengambilan. (BIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar