Sabtu, 03 Mei 2014

Wanita asal Cina Pembawa Sabu Ditangkap BNN

Surabaya, Metropol - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim berhasil menangkap Onwubuariri C Franklin (29) sub agen atau penerima sabu 1.840 gram yang dibawa Lu Xue Mei asal Guang Xi, Cina. Warga Nigeria ini ditangkap di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Dia kita tangkap 2 hari setelah penangkapan kurir sabu di Juanda," kata Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim, Brigjen Pol Iwan Ibrahim pada wartawan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda, Senin (21/4/2014).

Penangkapan penerima sabu itu kata Iwan merupakan kali pertama bagi pihaknya. Karena dalam kurun waktu kurang sebulan pihaknya baru kali ini berhasil menangkap pembawa dan penerima. "Sejak saya dari BNN Pusat, Baru kali ini saya bisa tangkap kuda putih betina dan kambing jantan tapi hitam," ungkapnya.

Franklin, kata Iwan, ditangkap BNN setelah berhasil melakukan control delivery atau mengantarkan barang yang dipesannya. "Kan si pembawa barang ini dikendalikan dari Hongkong agar keduanya ketemuan di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Dari situ kami ikuti perintah selanjutnya dan berhasil menangkap Franklin di depan hotel tempatnya menginap," imbuh Iwan.

Ia berharap dari penangkapan kedua pelaku, pihaknya dapat memburu pelaku lainnya atau jaringan dari kedua pelaku. "Ternyata Lie dengan Franklin sama sekali tidak saling mengenal. Yang makin menguatkan kita bahwa jaringan narkotika adalah jaringan terputus," pungkas dia.

Sebelumnya, petugas Bea dan Cukai Juanda menangkap Lu Xue Mei (27) WN Cina pada Minggu (13/4), usai turun dari Cathay Pasific dengan nomor penerbangan CX 781 dari Hongkong tujuan Juanda Surabaya.

Dari hasil penggeledahan tas punggung yang dibawa pelaku, petugas menemukan 4 tas tangan wanita yang ada didalam tas punggung pelaku. Setelah dilakukan penggeledahan lagi, petugas menemukan kantong modifikasi dalam tas tangan wanita dan ditemukan masing-masing 2 bungkus cokelat di 4 tas tangan wanita yang berisi sabu. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar