Minggu, 16 Oktober 2011

SMA Negeri 5 Ketatkan Tata Tertib


Makassar, Metropol - Kedisiplinan siswa, staf, serta tenaga pengajar, disetiap sekolah utamanya di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Makassar, dari beberapa SMA/SMU ditemukan masih rawan terhadap kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib sekolah, walaupun siswa beserta orang tuanya telah menandatangani pernyataan persetujuan pelaksanaan tata tertib yang berlaku disekolah mereka, saat diterima  di sekolah yang ia tempati mendaftar.

Drs. Rahmat, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Makassar, “mengatakan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa maupun guru selaku tenaga pengajar di sekolah, utamanya di SMA Negeri 5 ini, yang tergolong salah satu sekolah unggulan di Kota Makassar, saya perketat pelaksanaan tata tertib.” Tuturnya dengan tegas kepada Metropol, ketika ditemui diruang kerjanya, pekan lalu.

Ada tiga program yang dilaksanakan untuk memperketat tata tertib siswa,staf, dan tenaga pengajar di SMA Negeri 5 Kota Makassar, yaitu ;

Pertama, perketat disiplin waktu dan pakaian siswa. Tujuan pelaksanaan program pertama ini adalah untuk melatih siswa, staf serta tenaga pengajar yang berdomisili di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Makassar, melatih disiplin dan menghargai waktu.

Kedua, program pelayanan siswa terhadap, guru, teman, serta tamu yang datang berkunjung ke sekolah SMA Negeri 5. Tujuannya menanamkan dalam diri siswa untuk saling menghargai, dengan adanya tertanam dalam diri siswa sifat menghargai sesamanya, tentu secara otomatis siswa telah memiliki akhlak yan baik.baik untuk dirinya juga baik terhadap masyarakat yang mana nantinya mereka akan hadapi dalam berinteraksi bila kelak mendapat tanggungjawab menjalankan tugas Negara.

Program ketiga, melakukan tindak pemeliharaan kelas atau ruangan belajar, lingkungan sekolah. Dengan terciptanya lingkungan dan ruangan belajar yang bersih, tentunya dapat memberikan dan menumbuhkan gairah belajar bagi siswa dan memberikan ketenangan bagi tenaga pengajar dalam menjalankan proses belajar mengajar di setiap kelas.      

Penerapan ketiga program memperketat tata tertib di SMA Negeri 5, kata Drs. Rahmat, sudah berlangsung sejak awal tahun ajaran baru 2011. Dan saat ini setelah memasuki bulan Oktober 2011, berdasarkan pengamatan dan evaluasi yang dilakukan Kepala Sekolah, tingkat pelaksanaan telah mencapai 80%, siswa dan guru serta staf administrasi menunjukkan kedisiplinan yang tinggi terhadap kepatuhan dalam mentaati tata tertib  sekolah.

Penerapan dalam memperketat tata tertib sekolah dengan hasil yang dicapai ini, kata Drs. Rahmat, bukan berarti tidak menghadapi tantangan dan kendala. Tantangan dan kendala ketika awal menerapkan proram ini sangatlah berat, tetapi lambat laun, dengan tanpa bosan-bosannya, kepala sekolah melakukan pendekatan secara persuasive, sampai siswa dan tenaga pengajar dapat memahami dan menyadari bahwa program yang diterapkan ini, bukan hanya untuk menjaga nama baik sekolah sebagai salah satu sekolah unggulan di Kota Makassar, tetapi program ini juga sangat besar manfaat dan artinya bagi diri pribadi masing-masing yang telah menyadari dan menerapkannya.

Sehingga disarankan kepada sekolah-sekolah lain yang ada di wilayah Kota Makassar, agar dapat menerapkan program sebagaimana program yang dilakukan di SMA Negeri 5. Karena dengan adanya tertanam ketaatan untuk mematuhi tata tertib sekolah dalam diri setiap siswa, tidak disangkali lagi tingkat pencapaian kualitas dan mutu pendidikan di Kota Makassar, akan lebih baik dari tahun-tahun ajaran yang lalu. (Jalal Maulana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar