Jumat, 30 September 2011

Panglima TNI Terima Bintang Kehormatan Dari Kerajaan Kamboja


Jakarta, Metropol - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., menerima anugerah bintang kehormatan The Royal Order of Sahametrei Mohaserevadh (Grand Cross) dari pemerintah Kerajaan Kamboja yang disematkan oleh Wakil Perdana Menteri/Menteri Pertahanan Kamboja YM Jenderal Tea Banh mewakili Raja Kamboja di Kementerian Kamboja, Phnom Penh – Kamboja. Dalam acara tersebut, beberapa Perwira Staf Pendamping TNI juga menerima tanda kehormatan yang lain.
          
Dalam sambutannya, Panglima TNI menyatakan bahwa tanda kehormatan kerajaan tersebut, khususnya Sahametrei Mohaserevadh, merupakan suatu penghargaan yang sangat mulia dan memiliki nilai sangat tinggi bagi Panglima TNI serta bagi segenap anggota Tentara Nasional Indonesia,  untuk terus meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Kamboja serta untuk lebih lanjut memperkokoh kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia dan Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja pada bidang kegiatan yang lebih produktif atas dasar kemitraan strategis yang saling menghormati, saling menghargai dan memberikan manfaat bersama bagi kedua negara, khususnya kedua angkatan bersenjata, yang diharapkan akan memberikan dampak positif bagi lingkungan kawasan regional dan global yang lebih bermartabat.
           
Selain Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., sebelumnya tercatat beberapa Panglima TNI yang juga pernah menerima anugerah  bintang kehormatan yang sama adalah Jenderal TNI Feisal Tanjung pada tahun 1995 dan Jenderal TNI Endriartono Sutarto pada tahun 2005, sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam memperkokoh hubungan dan kerjasama militer kedua negara. Antara lain di bidang pendidikan dan latihan, pembentukan Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Kamboja yang dikenal sebagai Brigade 911 dan Pusat Pendidikan (Pusdik) Personel Pasukan Pengamanan Perdana Menteri serta Pendidikan dan Latihan (Diklat) untuk para pelatih, disamping membentuk Pusdik Persahabatan Kamboja - Indonesia.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI mewakili Perwira Staf TNI lainnya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kerajaan Kamboja serta kepada Pemerintah Kamboja di bawah kepemimpinan Yang Mulia Perdana Menteri Samdech Hun Sen serta kepada Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja di bawah kepemimpinan Jenderal Pol Saroeun atas penganugerahan tanda kehormatan tersebut. (Kamal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar